Share

Mango-Nuts IPB Runner Up Kompetisi Pangan Dunia

Amba Dini Sekarningrum, Okezone · Senin 02 Juli 2012 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 02 373 657463 qdjF4pNJEz.jpg Tim Mangnut IPB (Foto: dok. tim Mangnut IPB)

TANGERANG - Empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) ini piawai meracik snackbar berbahan dasar mangga Kenya dan kacang tanah. Camilan sehat mereka tidak hanya dapat menjadi solusi malnutrisi, tetapi juga didapuk sebagai runner up pada Kompetisi Pangan Dunia 2012 yang diselenggarakan oleh Institude of Technologist di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Keempat mahasiswa Jurusan Ilmu Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB ini diketuai Berlian Purnama Sari. Menurut Sari, timnya sengaja memanfaatkan mangga Kenya sebagai bahan baku pembuatan snackbar Mango-Nuts untuk mengatasi masalah malnutrisi di Kenya. Ide ini juga sekaligus memberi nilai tambah kepada mangga Kenya yang setiap tahun produksinya kian meningkat.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

"Mangga, kedelai dan kacang tanah merupakan sumberdaya lokal Kenya. Kami menggunakan konsep healthy snack bar, Mango-Nuts ini dapat menjadi salah satu inspirasi untuk industri kecil di Kenya agar dapat meningkatkan dinamika perekonomian masyarakat Kenya," kata Sari, Senin (2/7/2012).

Pada perlombaan yang dihelat 25-28 Juni lalu, Sari berangkat bersama Akhmad Fahmi Hikmatiyar, Brian Naranathan, dan Erydhatirti Diah Pramesti. Menurut Dr. Feri Kusnandar, dosen yang mendampingi tim Sari, kompetisi ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh InstiTute of Food Technologist.

Feri bertutur, tim IPB menyisihkan 40 proposal dari 29 negara untuk menjadi peserta kompetisi ini. "Saya berharap keberhasilan ini akan menginspirasi mahasiswa lain agar dapat berprestasi," ujar Ketua Departemen Ilmu dan Technologi Pangan IPB ini.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini