Share

Status Unsulbar Tunggu Perpres

(koran Sindo), Koran SI · Rabu 04 Juli 2012 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 373 658452 GPWjVllnKU.jpg Ilustrasi : ist.

MAJENE – Status Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Kabupaten Majene menjadi universitas negeri segera terealisasi. Sebab, prosesnya tinggal menunggu penerbitan Peraturan Presiden (Perpres).

“Syarat yang diminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah dipenuhi. Kita sudah serahkan semuanya untuk menunggu tahapan lanjutan sehingga kampus tersebut bisa dinegerikan,” ujar Rektor Unsulbar, Muin Liwa di Majene, kemarin.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Beberapa syarat yang diserahkan, di antaranya adalah rekapitulasi aset sarana dan prasana, serta aset sumber daya manusia (SDM), termasuk di dalamnya dosen dan pegawai. Optimistis serupa disampaikan Pembantu Rektor II Unsulbar Basram Bustam yang juga selaku tim percepatan penegerian Unsulbar. Dia menyatakan, pasca penyerahan aset, Unsulbar sudah tidak akan ada rintangan yang berarti.

Aset sarana dan prasarana tersebut, lanjutnya, termasuk sertifikat lahan seluas 31 hektare (ha) serta SDM yang diminta untuk memudahkan proses administrasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan- RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Sekretariat Negara (Setneg) dalam menerbitkan Perpres. ”Kemenpan-RB dan BKN akan memproses tahapan kepegawaian, kemudian Setneg akan memproses perpresnya,” kata Basram.

Keyakinan percepatan penegerian Unsulbar juga sesuai pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh yang menyatakan lambannya penegerian Unsulbar bukan lagi merupakan kesalahan Yayasan Pendidikan Sulawesi Barat (Yapisbar), lembaga yang menaungi Unsulbar. Sebab hal tersebut telah berada di Kemendikbud. ”Kita patut bersyukur sebab menjelang penegerian sudah banyak tokoh di Sulbar mengawal penegerian Un-sulbar dan mereka semuanya datang ke Jakarta,” ujarnya.

Terkait program studi (prodi) di Unsulbar, Pembantu Rektor III Unsulbar Rahamdi Tambaru mengatakan, penegerian Unsulbar dan visitasi adalah dua hal berbeda, namun prosesnya be-rjalan beriringan. ”Visitasi dilakukan dalam rangka akreditasi setiap program studi, tidak ada sangkut pautnya dengan penegerian. Visitasi setiap prodi saat ini juga sementara berproses,” tukasnya. (ant)(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini