Share

Biaya Kuliah Jalur Mandiri & SNMPTN di Unnes Sama

Margaret Puspitarini, Okezone · Rabu 04 Juli 2012 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 373 658552 E5O69raGhK.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Biaya kuliah melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya. Namun, hal ini tidak berlaku di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa Unnes yang diterima lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) sama besarnya dengan mahasiswa jalur SNMPTN.

“Tidak ada perbedaan biaya. Bahkan lewat SPMU juga akan kami kucurkan 300 Beasiswa Bidik Misi yang membuat para penerimanya bebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester dan tiap bulan mendapatkan biaya hidup Rp600 ribu per bulan,” ungkap Ketua Panitia SPMU 2012 M Khafid, seperti disitat dari situs Unnes, Rabu (4/7/2012).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Bagi Unnes, lanjut Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi ini, SPMU sebagai seleksi mandiri hanyalah skema untuk melengkapi seleksi nasional. “Misalnya, jika pada SNMPTN Jalur Undangan belum dimungkinkan adanya ujian keterampilan sehingga program studi keolahragaan dan kesenian tidak diikutkan, maka pada SPMU dan SNMPTN Ujian Tulis-Keterampilan, kedua bidang itu diikutsertakan,” katanya menjelaskan.

Di samping itu, sejumlah program diploma 3 (D-3) yang notabene tidak diikutkan pada SNMPTN, disertakan pada SPMU. “Pendek kata, SPMU merupaan edisi paling komplet di antara seleksi lainnya,” tuturnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran SPMU dibuka secara online di laman http://spmu.unnes.ac.id mulai 7 Juli hingga 20 Juli mendatang. Biaya pendaftaran Rp200 ribu. Peserta yang memilih kelompok jurusan seni atau olahraga juga harus membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp100 ribu.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini