nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UGM-Yale University Bahas Posisi Indonesia

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2012 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 07 04 373 658559 xZQeUHm7G2.jpg Foto : UGM

JAKARTA - Menggandeng salah satu universitas terkemuka asal Amerika Serikat, yakni Yale University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, menggelar konferensi internasional. Berlangsung selama dua hari, 9-10 Juli 2012, akan hadir 96 pembicara dari 10 negara pada konferensi internasional bertajuk “The 5th International Indonesia Forum” (The 5th IIF) itu.

Menurut Sekretaris Eksekutif UGM Djoko Moerdiyanto, penyelenggaraan konferensi internasional berada di bawah koordinasi Kantor Urusan Internasional UGM. Secara khusus, panitia mengusung tema "Between the Mountain and the Sea: Positioning Indonesia", dengan pembicara berasal dari berbagai universitas ternama dunia.

"Ada yang dari Harvard University dan Cornell University, juga dari Berkeley University, Michigan State University, Sydney Universiy, dan tentunya kedua universitas penyelenggara, UGM dan Yale University," tutur Djoko, seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (4/7/2012).

Organizing committee Maya Septriana Hernowo berharap, The 5th IIF dapat menjadi platform bagi para akademisi dan peneliti dari seluruh dunia dalam melihat perkembangan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Selain itu diharapkan para peneliti dan akademisi secara tajam mengamati perkembangan Indonesia dalam berbagai konteks terkait dengan perubahan di berbagai bidang. "The 5th IIF tentu dapat memberikan peluang bagi para mahasiswa, peneliti, dan akademisi untuk memperluas jaringan atau koneksi, serta meningkatkan kerjasama pendidikan bertaraf internasional serta meningkatkan minat studi Indonesia di dunia," ujar Maya.

Maya menyebut, konferensi internasional ini bersifat multidisipliner yang menyajikan 24 panel dengan 24 subtema. Beberapa topik yang diangkat di antaranya, "Sustainable Development Challenges of Media", "Political Economy in Regional Perspective", "Differentiation of Culture and Identity", dan "Issues of Children and Youth in Society".

Organizing committees dalam The 5th IIF terdiri atas Andrew M Carruthers, Frank Dhont (Yale University), Heddy Shri Ahimsa, Djoko Moerdiyanto, Rio Rini Dyah M., Maya Septriana Hernowo (UGM), dan Rommel A Curamming dari dari University of Brunei Darussalam. Sebagai kegiatan penutup, para peserta konferensi akan diajak untuk menikmati keindahan pariwisata budaya di Kota Gudeg tersebut, yaitu candi Borobudur dan Keraton Yogyakarta.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini