Diadili, Pembantai Muslim Bosnia Mendadak Sakit

Aulia Akbar, Okezone · Kamis 12 Juli 2012 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 12 414 662509 2Vnbqv0NRJ.jpg Foto : Ratko Mladic bersama istri & pasukannya (AP)

DEN HAAG - Mantan komandan militer Bosnia Serbia Ratko Mladic mendadak sakit ketika menjalani proses pengadilan di Mahkamah Kriminal Internasional (ICC). Pria yang membantai ribuan warga Muslim Bosnia itu langsung dilarikan ke rumah sakit di Belanda.

Sejumlah pejabat di Mahkamah Kriminal Internasional untuk bekas Yugoslavia melaporkan, Mladic langsung dilarikan ke rumah sakit setelah dirinya merasakan rasa sakit. Saat ini Mladic pun tengah dihadapi oleh 11 dakwaan tindak kejahatan perang dan kejatahan kemanusiaan.

"Mladic merasa kurang sehat dan dia langsung dilarikan ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan," ujar juru bicara Mahkamah Kriminal Internasional untuk bekas Yugoslavia Nerma Jelacic, seperti dikutip AFP, Kamis (12/7/2012).

Pada Oktober 2011, Mladic juga sempat dirawat karena menderita penyakit paru-paru, pneumonia. Pria berusia 70 tahun itu mengaku, dirinya berada dalam kondisi kesehatan yang tidak stabil dan menderita gagal ginjal.

Bersamaan dengan itu, sebanyak 30 ribu warga Muslim Bosnia saat ini berkumpul di Srebrenica untuk menguburkan 520 jenazah korban pembantaian yang baru saja diidentifikasi. Penguburan massal itu juga digelar tepat pada peringatan 17 tahun pembantaian tersebut.

Warga Bosnia yang hadir di prosesi pemakaman itu juga terlihat berduka ketika peti-peti jenazah hendak dimakamkan. Perdana Menteri Bosnia Vjekoslav Bevanda, Menteri Luar Negeri Bosnia Zlatko Lagumdzija dan Perdana Menteri Kroasia Zoran Milanovic juga hadir dalam pemakaman itu.

Ucapan belasungkawa juga diutarakan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di Gedung Putih dan Perdana Menteri Inggris David Cameron. Cameron mengatakan bahwa dirinya takkan pernah melupakan peristiwa pembantaian yang sangat keji itu.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini