Pembantai Muslim Bosnia Kembali Diadili

Aulia Akbar, Okezone · Senin 16 Juli 2012 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 16 414 664047 96PKfxWZC8.jpg Foto : Ratko Mladic (guardian)

DEN HAAG - Mantan komandan militer Serbia Bosnia Ratko Mladic kembali ke ruang sidang untuk menjalani proses pengadilan atas kejahatan perang yang dituduhkan kapadanya. Pekan lalu, pria yang membantai ribuan warga Muslim Bosnia itu mendadak sakit dan pengadilannya pun ditunda.

Pria berusia 70 tahun itu bangkit secara perlahan dari kursi di ruang sidang. Bersamaan dengan itu, hakim memasuki ruang sidang dan pengacara Mladic, Branko Lukic, memeriksa pernyataan-pernyataan yang diutarakan saksi mata.

Hakim dan Lukic tidak berkomentar mengenai kondisi kesehatan Mladic. Menurut laporan dari Mahkamah Kriminal Internasional (ICC), Mladic sudah menjalani tes kesehatan dan pria itu dinyatakan sehat untuk melanjutkan pengadilannya. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Senin (16/7/2012).

Mladic menghadapi 11 dakwaan genosida. Pria itu dituding menjadi dalang pembantaian pada perang Bosnia. Namun Mladic masih menepis segala bentuk tuduhan itu.

Pihak-pihak di pengadilan khawatir nasib Mladic akan berakhir seperti Slobodan Milosevic, yang meninggal dunia saat masih diadili. Mladic yang menjadi salah seorang buronan penjahat perang yang ditangkap oleh badan keamanan Serbia Lazarevo, Provinsi Vojvodina, pada 26 Mei 2011 lalu.

Proses pengadilan Mladic juga dimulai saat peringatan 17 tahun pembantaian warga Muslim Bosnia di Srebrenica. Warga Muslim Bosnia itu pun merayakan peringatan itu dengan duka yang sangat mendalam.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini