Latihan Ribuan Jam, UPH Choir Sabet 4 Medali di Beijing

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 28 Juli 2012 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 28 373 669804 cox1SCZMIM.jpg UPH Choir meraih 4 penghargaan International Choral Competition 2012 di Beijing, China, 16-21 Juli 2012. (Foto: dok. UPH)

JAKARTA - Tidak sia-sia perjuangan ke-36 anggota Universitas Pelita Harapan (UPH) Choir ini. Latihan ribuan jam mereka dibayar dengan empat penghargaan dalam International Choral Competition 2012 di Beijing, China, pada 16-21 Juli lalu.

Sejak awal tahun, seluruh anggota choir, di bawah asuhan Tutu Sukendro itu, digembleng dengan keras. Setiap minggu, mereka menghabiskan sekira tujuh jam sehari selama enam hari, dalam berbagai latihan vokal dan koreografi. Latihan mereka juga dilengkapi dengan tiga kali konser yang mereka helat dan penampilan di berbagai gereja.

Dalam kompetisi paduan suara yang diikuti 166 grup choir dari berbagai negara itu, UPH Choir menyanyikan delapan lagu yang dipercantik dengan koreografi gubahan Grace. Di antara lagu-lagu klasik dan daerah yang mereka bawakan adalah Le Crucifix, Double Double Toil and Trouble, Yamko Rambe Yamko, Jali-Jali, dan Marencong-Rencong.

Tidak hanya olah vokal yang prima dan koreografi yang ciamik, penampilan UPH Choir juga didukung kostum penuh warna dan berbagai properti pendukung seperti glitter, sapu lidi, dan topeng. Bahkan, awak UPH Choir membuat sendiri properti dari tanah liat sebagai pendukung penampilan ketika membawakan lagu daerah.

Ganjarannya, empat penghargaan mereka bawa pulang, di antaranya Gold untuk Female Choirs, Silver untuk Male Choirs, dan Bronze untuk Mix Choirs.

Tutu, sang pelatih, mengaku, selain fokus pada olah vikal, UPH Choir juga memiliki misi lain yang tak kalah penting. "Saya di sini bukan hanya sebagai pelatih, tetapi juga mendidik mereka mengenai sportivitas, mendidik mereka supaya memiliki attitude yang baik di atas panggung maupun di luar panggung," kata Tutu, seperti dinukil dari keterangan tertulis UPH kepada Okezone, Sabtu (28/7/2012).

Ucapan Tutu tidak diabaikan anak-anak didiknya. Tidak heran, Peace and Friendship Award pun mereka boyong ke Tanah Air. Sebelum di Beijing, UPH Choir juga meraih prestasi di Bandung International Competition 2011 dengan mendapatkan Silver Medalion.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini