Share

Webometrics, Jurnal Ilmiah RI Masih Rendah

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 01 Agustus 2012 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 01 373 671783 PuUZl2dJ3X.jpg Image: Corbis

JAKARTA - Salah satu ukuran penilaian dalam pemeringkatan Webometrics adalah seberapa banyak karya ilmiah dari perguruan-perguruan tinggi di dunia masuk ke publikasi jurnal ilmiah internasional.

Oleh Webometrics, perhitungan tersebut diwakili oleh parameter Presence. Dari hasil pemeringkatan Webometrics terbaru pada Juli 2012 terlihat, kelemahan perguruan-perguruan tinggi Indonesia adalah pada publikasi karya ilmiah ke jurnal ilmiah internasional. 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Peringkat tertinggi untuk jumlah karya ilmiah yang masuk database Scimago adalah Universitas Indonesia (UI) yang menempati peringkat dunia ke-1.730. Setelah UI ada Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat ke-1.871 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di rangking 1.999.

"Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perguruan tinggi di Indonesia masih tergolong rendah dalam publikasi di jurnal internasional, terutama pada jurnal internasional yang high-impact atau banyak dirujuk pada karya ilmiah lain," demikian seperti dilansir keterangan tertulis Universitas Gunadarma kepada Okezone, Rabu (1/8/2012).   Universitas Gunadarma sendiri merupakan satu-satunya kampus swasta yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 besar website perguruan tinggi Indonesia paling eksis versi Webometrics.

Laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama untuk wilayah Indonesia. Dalam peringkat dunia, UGM berada di posisi ke-379, dan peringkat kesembilan di lingkup ASEAN.

Sepuluh besar website kampus Indonesia tereksis di dunia versi Webometrics Juli 2012 adalah UGM dengan rangking dunia 379, UI dengan rangking 507, ITB dengan rangking 568, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan rangking 582, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan rangking 630, Universitas Gunadarma dengan rangking dunia 740, Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan rangking dunia 764, Universitas Brawijaya (UB) dengan rangking dunia 837, Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan rangking dunia 883, dan Universitas Diponegoro (Undip) dengan rangking dunia 948.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini