Surat SBY Belum Sampai di Komnas HAM, Pemerintah Abai

K. Yudha Wirakusuma, Okezone · Kamis 30 Agustus 2012 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 30 339 682791 X2AnJNkcH7.jpg Ilustrasi (Foto: Runi S/okezone)

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnnas HAM) melakukan audiensi dengan elemen masyarakat untuk Keberlangsungan Komnas HAM. Acara digelar di lantai dua kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari Nomor 4B, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Hadir dalam audiensi tersebut, di antaranya Ray Rangkuti, Adi Massardi, dan Boni Hargens.

 

"Hingga pukul 10.00 WIB tadi pagi, belum ada perpanjang waktu untuk Komnas HAM. Intinya silahturahmi ke Komnas HAM, memberikan dukungan," kata Ray Rangkuti di kantor Komnas HAM, Kamis (30/8/2012).

 

Seharusnya pukul 00.00 WIB, kata dia, Komnas HAM sudah masuk status quo. Mereka pun berencana tetap di sana sampai nanti malam.

 

"Tapi ya Alhamdulillah, masih selentingan, Presiden sudah tandatangi perpanjangan Komnas HAM," ungkapnya.

 

Dia menambahkan bahwa Komnas HAM sebagai lembaga negara memiliki fungsi yang signifikan, sehingga patut ada. "Seperti ditragedi Sampang, komnas HAM masih dibutuhkan," paparnya.

 

Ray menuturkan belum adanya surat perpanjangan masa jabatan di tangan Komnas HAM hingga saat ini, adalah bukti bahwa pemerintah abai. "Oleh karena itu saya nilai itu pengabaian luar biasa. Saya khawatir ini modus baru melemahkan lembaga negara. Jadi memang ada sentimen negatif, lembaga negara di luar lembaga politik," tegasnya.

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini