nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencurian Ternak Picu Kerusuhan di Madagaskar

Fajar Nugraha, Jurnalis · Senin 03 September 2012 18:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 09 03 414 684519 9CgmtE2C1M.jpg Ternak di Madagaskar yang kerap memicu pencurian (Foto: AFP)

IHABORANO - Sembilan orang dilaporkan tewas dalam sebuah kericuhan yang berbuntut sembilan orang tewas di Madagaskar. Insiden ini dipicu kasus pencurian ternak.

Enam pencuri, dua prajurit militer dan seorang polisi tewas dalam kericuhan itu, setelah 130 kelompok bersenjata mencuri zebu atau sejenis ternak sapi yang dikembangbiakan secara lokal.

"Polisi mendapatkan laporan adanya pencurian 1.000 ekor zebu di Ihaborano. Ketika mereka menemukan pelaku pencurian, mereka pun sempat terlibat baku tembak dengan pelaku pencurian, yang akhirnya menewaskan enam pelaku pencurian dan tiga pihak keamanan," ujar laporan militer Madagaskra, seperti dikutip AFP, Senin (3/9/2012).

Beruntung polisi berhasil menyelamatkan sekira 600 ternak itu. Pencurian Zebu akhir-akhir ini terus marak terjadi di Madagaskar. Puluhan orang tewas dalam pertempuran antara pasukan keamanan dengan pencuri ternak.

Zebu adalah ternak yang dikembangbiakan secara khusus oleh warga di Madagaskar. Ternak ini sering disertakan dalam acara tradisional, yang menandakan kedewasaan seorang pria.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini