Anak Kartosoewiryo Tak Tahu Pusara Ayahnya

Catur Nugroho Saputra, Okezone · Rabu 05 September 2012 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 05 339 685523

JAKARTA - Walaupun sudah meninggal setengah abad yang lalu, namun anak keenam Kartosoewiryo, Tahmid Basuki Rahmat, mengaku belum pernah sekali pun mengunjungi makam ayahnya.

 

Selama ini, memang beredar kabar makam Kartosoewiryo berada Pulau Onrust yang terdapat nisan bertuliskan Kartosoewiryo. Pulau Onrust terletak di Kepulauan Seribu dan merupakan pulau kosong yang di atasnya berdiri benteng peninggalan Belanda.

 

"Saya belum pernah mengunjungi makam ayah, karena belum mengetahui makam sebenarnya di mana," kata Tahmid kepada wartawan usai peluncuran dan bedah buku Hari Terakhir Kartosoewiryo di TIM, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2012).

 

Saat ditanyakan apakah akan mengunjungi makam ayahnya di Pulau Ubi setelah adanya 81 foto yang dipamerkan Fadli Zon Library, pria berumur sekira 70 tahun tersebut, belum bisa memastikan, karena dia juga masih ragu makam ayahnya di Pulau Ubi. "Belum tahu akan ke sana atau tidak," imbuhnya.

 

Menanggapi 81 foto hari terakhir Kartosoewiryo, Tahmid hanya mengatakan ini semua adalah takdir Tuhan dan tidak ada yang bisa menolak proses tersebut. "Ya inikan Sunattulah," tuturnya.

 

Dalam salah foto hari terakhir Kartosoewiryo yang dipamerkan di TIM, terdapat beberapa foto proses eksekusi dan penguburan Kartosiwuryo di Pulau Ubi. Makam Iman DI/TII ini hanya ditandai sebilah kayu dan sebuah pohon.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini