Fadli Dapatkan Foto Kartosoewiryo dari Seorang Kolektor

Catur Nugroho Saputra, Okezone · Rabu 05 September 2012 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 05 339 685644 MQ6pTVtiMW.jpg Ilustrasi

JAKARTA - 81 foto dan caption 'Hari Terakhir Kartosoewiryo' yang didapatkan Fadli Zon Library, cukup mencengangkan. Dalam foto tersebut, telah menguak sejarah kalau Kartosoewiryo ternyata dimakamkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu.

 

Namun begitu, perlu dipertanyakan darimana foto tersebut didapatkan Fadli Zon Library?

 

Pendiri dan Pemilik Fadli Zon Library serta penulis buku 'Hari Terakhir Kartosoewiryo', Fadli Zon mengungkap foto tersebut ia dapatkan dua tahun lalu, dari seorang keloktor yang tidak disebutkan namanya.

 

"Ketika itu ya, saya setelah option di Hotel Redtop sana, kemudian ada yang menawarkan ya sudah (saya beli)," kata Fadli Zon, usai meluncurkan buku 'Hari Terakhir Kartosoewiryo', di TIM, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2012).

 

Menurutnya foto-foto Iman DI/TII ini, hendak dibeli oleh warga negara asing. Namun, Fadli memutuskan untuk mengkoleksi di perpustakan yang dimilikinya.

 

Setelah membeli foto yang tidak diketahui publik ini, kata dia, menjadi beban dirinya. Ia bertanya-tanya akan diapakan foto-foto tersebut.

 

"Sudah dua tahun lebih, dan saya menjadi beban mau diapakan dokumen-dokumen ini," imbuhnya.

 

Akhirnya Fadli memutuskan untuk mempublikasikan foto ini dalam sebuah buku yang berjudul 'Hari Terakhir Kartosoewiryo'.

 

"Saya kira tidak lain tujuan untuk mendudukan sejarah secara proposional," paparnya.

 

Lebih lanjut, Fadli menuturkan dari foto ini, kita juga dapat mendiskusikan kalau Pak Kartosoewiryo dieksekusi mati sesuai dengan prosedur yang cukup beradab.

 

"Prosedur yang cukup beradap misalnya disalatkan, dimandikan, dikafani, dan dikuburkan dengan baik, itu salah satu catatan cukup penting dari bukti-bukti foto ini," tegasnya.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini