nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UAD Lirik Sekolah Vokasi

Kamis 06 September 2012 09:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 09 06 373 685828 APqjgPDedw.jpg Ilustrasi: ist.

YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta merintis sekolah vokasi D-1 yang rencananya mulai dibuka pada tahun depan. Pendirian ini dilakukan dengan menggandeng sekolah menengah kejuruan (SMK) di DIY.

"Saat ini kami sudah intensif berkomunikasi dengan dua SMK di DIY, yaitu satu sekolah di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, untuk prodi akuntansi dan satu lagi di Pakem, Kabupaten Sleman untuk prodi ilmu biologi yakni agrobisnis," papar Rektor UAD Kasiyarno, kemarin.

Ditemui di Kampus V UAD, Kasiyarno bertutur, rintisan sekolah vokasi juga dalam rangka mendorong makin banyaknya sekolah vokasi di Indonesia. Hal ini sejalan program pemerintah demi mendongkrak persentase sekolah vokasi dibandingkan akademik. Sekolah vokasi diinginkan memiliki persentase 70 persen, sedangkan sisanya untuk sekolah akademik.

"Kami juga ingin agar lulusan SMK lebih berpeluang melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Nanti pelaksanaan perkuliahan dilakukan di sekolah masing-masing dengan tenaga pengajar darikami dan guru sekolah masingmasing," ungkapnya.

Kasiyarno berujar, saat ini Disdik menyusun kurikulum bersama kedua SMK yang bersedia bekerjasama tersebut. Selanjutnya, pengurusan izin pelaksanaan program sekolah vokasi akan dilakukan. Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji berkata, sampai saat ini baru bekerja sama dalam program yang sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN) yakni Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Bukan berarti kerjasama dengan PTS untuk membuka sekolah vokasi tidak bisa dilakukan. Sepanjang minat dari siswa lulusan SMK banyak yang menginginkan program ini, tentu akan kami kembangkan lebih besar lagi," ujarnya. (ratih keswara/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini