Share

UGM Dampingi Sorong Selatan Kembangkan Wilayah

Maha Deva, Koran SI · Kamis 06 September 2012 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 06 373 685904 vg1UvlaiGU.jpg Pemkab Sorong Selatan, Papua, menggandeng UGM dalam upaya pengembangan wiilayah. (Foto: dok. UGM)

YOGYAKARTA - Kabupaten Sorong Selatan, Papua, menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagai lembaga pendidikan, UGM akan melakukan upaya pendidikan, konsultasi dan advokasi bagi pemda Sorong Selatan.

Bupati Sorong Selatan Otto Ihalauw berkata, kerjasama tersebut memiliki tujuan membantu pengembangan wilayahnya. Hal tersebut mempertimbangkan posisi Sorong Selatan sebagai wilayah pemerintahan baru di Papua.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Sumber daya manusia (SDM) kami cukup terbatas dan tentunya perlu diperkuat kapsitasnya. Untuk itu kami berharap UGM bisa membantu," tandas Otto seusai penandatangan MoU dengan Rektor UGM Prof. Pratikno.

Sebagai kabupaten baru, menurut Otto, Sorong Selatan perlu penguatan kapasitas sumber daya manusia di berbagai bidang. Beberapa yang dibutuhkan di antaranya bidang perencanaan keuangan, manajemen rumah sakit, teknik lingkungan hidup, hukum pertanahan, maupun kebencanaan.

Dengan kebutuhan tersebut, diharapkan penguatan yang dilakukan tidak hanya terbatas pada penguatan sumberdaya manusia. Lebih dari itu diharapkan UGM bisa menjadi tempat konsultasi dan advokasi dalam pembangunan Kabupaten Sorong Selatan.

Rektor UGM Prof Pratikno menilai, kerjasama yang dilakukan tidak hanya memberikan keuntungan kepada salah satu pihak. Oleh karenanya UGM siap mendukung dalam penguatan kapasitas SDM, konsultasi, maupun advokasi bagi Pemkab Sorong Selatan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini