Share

Pelatihan Jurnal Ilmiah Gratis untuk Anak UI

Fariz A Sudrajat, Okezone · Kamis 06 September 2012 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 06 373 686006 crXToq8hCg.jpg Image: Corbis

JAKARTA - Berdasarkan SK Dikti No. 152/E/T/2012, Dirjen Dikti Kemendikbud mewajibkan mahasiswa semua jenjang pendidikan untuk mempublikasikan satu karya Jurnal Ilmiah sebagai syarat kelulusan. Hal ini dinilai sangat penting karena mahasiswa memang dibentuk menjadi kaum Intelektual yang harus berpikir secara Ilmiah.

Menyambut penerapan SK tersebut, Universitas Indonesia (UI) pun mempersiapkan civitas academicanya dengan menggelar pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan tema "UI Workshop on Peer-Reviewed Journal Article Writing (for Social Science and Humanities." Pelatihan gratis ini digelar UI untuk meningkatkan kualitas jurnal ilmiahnya. Meski gratis, UI akan menyeleksi 15 orang sebagai peserta. Pihak penyelenggara pun menghendaki komitmen dari para peserta pelatihan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Bertempat di Seminar Room Lt. 5C Perpustakaan UI The Crystal of Knowledge, Kampus UI, Depok, pelatihan ini terbuka untuk civitas academica UI baik itu mahasiswa S-1 hingga S-3, dosen, maupun periset. Seminar dan pelatihan akan dipandu langsung oleh Dra. Evi Fitriani, MA, MIA, PhD.

Selama lima hari, yakni pada 17-21 September 2012, ke-15 peserta terpilih akan mengikuti pelatihan pada pukul 09.00 - 16.30 WIB setiap hari. Peserta pelatihan akan mendapatkan buku asli Writing Your Journal Article in 12 Weeks - A Guide to Academic Publishing Success karya Dr. Wendy Belcher. Buku tersebut memang menjadi buku pegangan dalam pelatihan ini. Asyiknya, para peserta juga akan mendapatkan dana tunjangan kehadiran, biaya tansportasi harian, konsumsi selama lima hari pelatihan, training kit, sertifikat, serta pengetahuan dan tips menulis jurnal akademik internasional dan network klub menulis UI.

Karena tempat dalam pelatihan ini sangat terbatas, maka para peminat harus mendaftar dan melampirkan Expression of Interest (EoI) untuk diseleksi. Nantinya, para peserta akan diminta menyelesaikan artikel mereka dalam bidang ilmu sosial dan humaniora, untuk dikirim ke jurnal internasional. Informasi lengkap bisa disimak di laman UI.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini