nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 7,6 SR Guncang Kosta Rica, 2 Orang Tewas

Aulia Akbar, Jurnalis · Kamis 06 September 2012 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 09 06 414 685808 iDIxRbN2QL.jpg Foto : Gempa Kosta Rika (reuters)

SAN JOSE - Gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kosta Rica dan menewaskan dua orang warga di Guanacaste. Gempa bumi itu menyebabkan tanah longsor dan merobohkan bangunan. Peringatan tsunami pun diumumkan.

Menurut laporan dari Palang Merah, gempa bumi kuat itu membelah jalanan yang dilapisi aspal di Kota Guanacaste. batu-batu nisan yang ada di kuburan retak dan menewaskan dua orang. Televisi lokal Kosta Rica melaporkan bahwa 22 orang terluka, namun Palang Merah belum mengkonfirmasi laporan itu.

Guanacaste merupakan kota yang pantai di Kosta Rica yang cukup terkenal. Terdapat pula gunung berapi di Guanacaste dan padang rumput yang luas. Akibat serangan dari gempa bumi itu, terjadi bencana tanah longsor yang memblokir jalanan.

Warga setempat terkejut dengan gempa bumi itu karena guncangan juga dirasakan di Nikaragua dan Panama. Kosta Rica sebelumnya sempat diguncang oleh gempa yang sama pada 1991 silam, namun gempa itu menewaskan 47 orang.

"Saya berada di dalam mobil saya dan tiba-tiba saya merasakan guncangan. Saya kira, jalanan ini akan terbelah menjadi dua. Saya pun melihat puluhan orang berlari keluar dari rumah dan kantornya," ujar salah satu warga, Erich Johanning, seperti dikutip Reuters, Kamis (6/9/2012).

Puluhan pasien di Rumah Sakit Monsenor Sanabria dikeluarkan dari bangunannya karena rumah sakit itu mulai runtuh. Media setempat pun melaporkan bahwa, 218 pasien direlokasi ke rumah sakit lainnya dan sebagian besar lainnya dipulangkan.

Sekira 21 hotel mengalami kerusakan, namun kerusakan-kerusakan itu tidak parah. Kerusakan parah umumnya terjadi di sekolah-sekolah dan perumahan warga.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini