nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Kosta Rika Bantah Laporan Korban Tewas dalam Gempa

Aulia Akbar, Jurnalis · Kamis 06 September 2012 09:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 09 06 414 685834 LFPxJI0ZNX.jpg Foto : Presiden Kosta Rika Laura Chinchilla (bloomberg)

SAN JOSE - Presiden Kosta Rika Laura Chinchilla membantah laporan akan adanya korban jiwa dalam insiden gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR). Laporan mengenai dua korban jiwa di gempa kuat itu, diumumkan oleh Palang Merah.

"Tidak ada korban jiwa atau korban yang terluka parah dalam peristiwa ini," ujar Chinchilla, seperti dikutip Reuters, Kamis (6/9/2012).

Gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kosta Rica pada hari ini di Kota Guanacaste. Kota itu merupakan kota yang pantai di Kosta Rica yang cukup terkenal dan memiliki padang rumput serta gunung berapi. Tanah longsor muncul di wilayah itu setelah gempa berlangsung.

Warga setempat juga terkejut akibat gempa maut itu dan ratusan orang tampak berlarian menyelamatkan diri. Gempa itupun dirasakan sampai ke Nikaragua dan Panama.

Menurut laporan dari Palang Merah, gempa bumi kuat itu membelah jalanan yang dilapisi aspal di Kota Guanacaste. Batu-batu nisan yang ada di kuburan pun retak. Televisi lokal Kosta Rica melaporkan bahwa 22 orang terluka, namun Palang Merah belum mengkonfirmasi laporan itu.

Kosta Rika pernah dilanda gempa dengan kekuatan yang sama pada 1991 silam. Namun gempa bumi itu menewaskan 47 orang. Gempa itu menjadi salah satu gempa terbesar yang pernah terjadi di Kosta Rika.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini