Share

Mendikbud Persilakan Gumilar Maju Pilrek UI Lagi

Tegar Arief Fadly, Okezone · Senin 10 September 2012 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 10 373 687649 IZjfQLfCdV.jpg Mendikbud M Nuh (Foto: Rifa/Okezone)

JAKARTA - Pencalonan mantan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2007-2012 Gumilar Rusliwa Somantri dalam bursa pemilihan rektor UI mendapat lampu hijau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh. Menurut Nuh, tidak ada larangan bagi Gumilar untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan orang nomor satu di UI tersebut.

"Oh boleh, kalau enggak boleh, kan, sudah enggak boleh daftar," ujar Nuh kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (10/9/2012).

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Meski demikian, Nuh enggan mengomentari lebih jauh perihal rekam jejak Gumilar saat menjadi rektor UI. "Monggo, silakan kalau mau dijadikan pertimbangan, silakan komunitas UI yang akan menilai," sambungnya.

Nuh menjelaskan, terjadi perbedaan antara penjaringan dan penyaringan. Penjaringan, sambung Nuh, merupakan hak dasar bagi siapa saja selama memenuhi persyaratan, dan tidak hanya dari kalangan internal. "Saya tidak punya kepentingan melarang si A, dan mendorong si B. Silakan, selama memenuhi persyaratan, ya, monggo saja," imbuhnya.

Sebab, kata Nuh, pada akhirnya akan ada proses penyaringan. Pada proses penyaringan ini, ada mekanisme, kriteria, dan pihak yang menyaring. "Kita serahkan sepenuhnya pada komunitas masyarakat UI untuk menyaring. Karena enggak mungkin semuanya jadi, mau nggak mau 'kan tinggal tiga," paparnya.

Dari tahapan seleksi penyaringan tersebut, tiap-tiap kandidat akan dinilai berdasarkan program yang mereka usung. "Dari situ nanti dinilai lebih dalam lagi dari programnya apa dan bagaimana cara menyelesaikan berbagai tantangan UI ke depan. Itu semua nanti akan dinilai," pungkasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini