Image

Banyak Masalah, SBY Tetap Buka PON ke-18 di Riau

Susi Fatimah, Jurnalis · Selasa 11 September 2012, 10:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 09 11 337 688024 5ezRwaaYme.jpg

JAKARTA - Kendati masih banyak persoalan dari penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-18 di Riau, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetap akan membuka penyelenggaraan PON nanti malam pukul 19.30 WIB.

Presiden dijadwalkan terbang ke Riau sekira pukul 10.00 WIB dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Presiden akan didampingi oleh Ibu Ani Bambang Yudhoyono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II khususnya Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

Menurut Presiden, persiapan penyelenggaraan PON sudah berjalan sesuai aturan. Hal itu diketahui berdasarkan laporan Wakil Presiden Boediono yang sudah melakukan kunjungan ke Riau dan tak menemukan adanya persoalan serius terkait hal itu.

"Jadi dengan adanya beberapa berita yang menyebutkan ketidaksiapan penyelenggaraan PON, dilaporkan Wapres bahwa semua sesungguhnya baik dari segi fasilitas, infrastruktur maupun kesiapan keseluruhan penyelenggaraan PON baik dan siap untuk diresmikan bapak Presiden," ujar Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, Selasa (11/9/2012).

Sebelumnya, salah satu venue PON yang berada di kompleks Kantor PTPN V Jalan Rambutan Pekanbaru, Riau, runtuh akibat hujan dan diterjang angin kencang. Kerusakan ini terjadi dibagian kenopi pintu utama venue tenis. Akibat insiden ini sebanyak tiga orang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan material.

Selain belum tuntasnya pembangunan beberapa venue yang akan digunakan dalam perlombaan para atlet, kejanggalan lain juga muncul dalam penentuan perusahaan penggarap proyek di sana yang ditentukan tanpa melalui proses mekanisme tender.

Gubernur Provinsi Riau, Rusli Zaenal yang datang ke Gedung DPR untuk melakukan rapat dengan Komisi X DPR serta jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), bungkam saat para wartawan berusaha mengkonfirmasi masalah tersebut.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini