nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekolah Vokasi Digarap Serius

Rabu 12 September 2012 10:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 09 12 373 688584 v8pVR6xNFh.jpg Image: Corbis

YOGYAKARTA – Setelah Universitas Gadjah Mada (UGM) menggandeng SMK di DIY untuk pengembangan pendidikan vokasi berkelanjutan (PVB), kini giliran Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai universitas swasta di DIY mengikuti jejak yang sama. Program PVB tersebut menjadi bukti keseriusan pemerintah meningkatkan angka partisipasi kasar (APK).

"Hingga 2012 ini sedikitnya ada 40 perguruan tinggi (PT) di Indonesia yang telah mendirikan sekolah vokasi. Dua puluh kampus sudah keluar surat keputusannya,  dan 20 perguruan tinggi lainnya masih dalam proses," ungkap Direktur Seamolec, Gatot Hari Priowirjanto seusai penandatanganan kerjasama sekolah vokasi UAD dengan lima SMK di DIY-Jateng dan satu perusahaan, kemarin.

Pihaknya menargetkan, hingga akhir 2012 ada 50 perguruan tinggi yang mendirikan sekolah vokasi dan bekerja sama dengan SMK di seluruh Indonesia. Gatot bertutur, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Seamolec membuat SMK yang ikut dalam kerjasama menjadi subkampus dalam pendidikan vokasi setingkat D-1 tersebut.

"Dosen dari perguruan tinggi akan mengajar para peserta didik tanpa harus tatap muka setiap hari," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Sekolah Vokasi UAD Anton Yudhana berkata, program PVB yang rencananya dimulai awal 2013 mendatang ditargetkan diikuti oleh 1.000 mahasiswa yang akan berkuliah di masing-masing sekolah. Para siswa SMK yang melanjutkan pendidikan vokasi tidak perlu membayar mahal ataupun pindah daerah.

"Siswa yang berminat melanjutkan pendidikan hanya membayar biaya pendaftaran Rp100 ribu dan biaya pendidikannya Rp100 ribu per bulan," kata Anton.

Saat ini sudah ada lima SMK yang bekerjasama dengan UAD dalam pengembangan program PVB tersebut, yakni SMK Hamong Putra Pakem Sleman, SMK Muhammadiyah Wonosari, SMK Muhammadiyah Semin, SMK Muhammadiyah 1 Playen, dan SMK Negeri 7 Purworejo. (ratih keswara/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini