nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Lokon & Gamalama 'Tak Janjian' Meletus Bersama

Iman Herdiana, Jurnalis · Senin 17 September 2012 18:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 09 17 340 691158 KB4SJsCq0y.jpg Gunung Gamalama (Foto: Dok Okezone)

BANDUNG- Dua gunung api di Indonesia,  yakni Gunung Lokon di Tomohon Sulawesi Utara, dan Gunung Gamalama, di Ternate, Maluku Utara, meletus dalam rentang waktu yang tidak jauh berbeda.

Gunung Lokon meletus Sabtu, 15 September lalu, disusul Gunung Gamalama yang meletus keesokan harinya, Minggu, 16 September.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan tidak ada hubungan antara dua gunung itu untuk sama-sama meletus.

“Engga lah. Kayak misalnya Gunung Merapi meletus setelah Gunung Sinabung beberapa waktu lalu, itu enggak ada janjian,” kata Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Kristianto, di Badan Geologi, Bandung, Senin (17/9/2012).

Menurutnya, masing-masing gunung api memiliki sistemnya sendiri-sendiri. Begitu juga dengan Gunung Lokon dan Gunung Gamalama yang memiliki sistem dan aktivitasnya sendiri-sendiri, meskipun keduanya berada di wilayah timur Indonesia.

“Mereka punya sistemnya sendiri. Sistem penghubung mereka berada di zona subduksi yang berbeda,” jelasnya.

Kristianto menyebut, Gunung Gamalama berada dalam zona subduksi Maluku Utara. Sedangkan Gunung Lokon berada di zona subduksi Sangihe. “Kedua gunung itu berebeda zona subduksinya, tidak ada hubungannya,” tegasnya.

Meski begitu, tipe letusan gunung sama-sama freatik yang memungkinkan mengeluarkan gas, abu, dan asap. Kedua gunung juga bersifat freatomagmatik yakni perpaduan antara letusan freatik dan magmatik.

Kristianto menjelaskan, dua gunung saat ini dalam status Siaga sehingga dalam radius 2,5 kilometer dari kawah gunung tersebut harus steril dari aktivitas manusia.

“Material gunung hanya di sekitar kawah. Maka kami sarankan untuk tidak berkunjung ke sekitar kawah,” tambahnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini