Share

Fisikawan Unair Teliti Cahaya untuk Matikan Jerawat

(koran Sindo), Koran SI · Senin 17 September 2012 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 17 373 690780 tdPRPORy3S.jpg Ilustrasi : Corbis

SURABAYA – Fisikawan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Suryani Diah Astuti meneliti fotodinamika yang memanfaatkan cahaya tampak untuk mematikan bakteri patogen pada kulit yang menyebabkan jerawat.

”Cahaya yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah cahaya tampak yang didapat dari lampu laboratorium, jadi tidak ada efek langsung pada kulit,” kata Suryani di sela-sela Seminar Nasional Fisika Terapan III yang diikuti 121 fisikawan se-Indonesia di kampus setempat, kemarin.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Di sela-sela pertemuan fisikawan berskala nasional dan internasional yang dibuka Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud) Djoko Santoso pada Sabtu (15/9), dosen dan peneliti Unair itu menjelaskan penelitian yang dilakukan masih dalam tahapan mengerjakan prototipe dan pengujian secara in vitro. ”Semoga, penelitian kami bisa rampung seutuhnya sesuai rencana pada 2014,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Seminar Nasional Fisika Terapan III Moh Yasin menyebutkan, fisika memang memiliki ilmu fisika dasar dan fisika terapan. Sehingga kontribusi keilmuan fisika terhadap kemajuan teknologi serta peningkatan kualitas hidup manusia itu sebenarnya dapat lebih nyata.

”Untuk itulah, kami berkumpul untuk saling berbagi ilmu dan unjuk hasil penemuan atau penelitian. Pertemuan ketiga ini diikuti 121 pemakalah dan puluhan tamu undangan,” ujar Yasin.

Para pemakalah antara lain bidang Kajian Fisika Teori dan Fisika Komputasi sebanyak 16 orang, Kajian Fisika Material dan Biomaterial sebanyak 30 orang, dan Kajian Fisika Optik sebanyak sembilan orang. Bidang lainnya, Kajian Fisika Instrumentasi dan Pengukuran sebanyak 28 orang, Kajian Biofisika, Fisika Kedokteran, dan Fisika Nuklir sebanyak 13 orang, serta Kajian Pendidikan Fisika sebanyak 25 orang. (ant)

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini