Share

Bidik Fresh Graduate, UT Tawarkan Beasiswa

Sudarsono, Koran SI · Senin 17 September 2012 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 17 373 690843 0nTObMoENz.jpg Foto : Margaret Puspitarini/okezone

JAKARTA – Universita Terbuka (UT) mulai tahun ini menjaring calon mahasiswa melalui seleksi khusus bagi siswa SMA yang baru lulus. Seperti halnya perguruan tinggi pada umumnya, kini UT juga mengincar siswa berprestasi sejak kelas XI.  

”Bagi para siswa lulusan SMA ini disediakan beasiswa, baik beasiswa Bidikmisi maupun dari perusahaan mitra dalam bentuk corporate social responsibility (CSR),” kata Tim Sosialisasi dan Promosi Universitas Terbuka (UT) Maximus Gorky Sembiring di sela Roadshow Program Sosialisasi Edukasi Masyarakat Umum Mengenai Sistem Jarak Jauh di Universitas Terbuka yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Qur’aniyah di Tangerang Selatan, Banten, kemarin.

 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Gorky yang juga mantan Pembantu Rektor (PR) IV UT bidang Kerjasama, Humas, dan Pengembangan Institusi ini mengatakan, untuk tahun ini perguruan tinggi yang berkantor pusat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan ini, tahun ini akan memberikan 150 Bidikmisi. Namun untuk tahun depan, kata Gorky, beasiswa tersebut akan ditambah lagi.

 

Beasiswa tersebut, kata dia, hanya akan diberikan kepada siswa yang baru lulus SMA. ”Ini dalam rangka upaya kami membidik calon mahasiswa yang fresh graduate,” ujar Gorky.

 

Beasiswa Bidikmisi tersebut, kata dia, difokuskan kepada empat provinsi saja, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan (Sulsel), Jawa Timur (Jatim), dan Jawa Barat (Jabar). Jumlah mahasiswa UT yang terdaftar per 30 April 2012 mencapai 585.700 orang. Dari jumlah itu, kata Gorky, mahasiswa yang berusia 19-24 tahun berjumlah sekira 12 ribu atau 14 persen dari total mahasiswa.

 

Sementara itu komposisi terbesar adalah mahasiswa yang berusia antara 30 hingga 39 tahun yang mencapai 45 persen. ”Ini menandakan bahwa mahasiswa kami mayoritas bukan fresh graduate SMA,” paparnya.

 

Oleh karena itu, pihaknya akan terus membidik lulusan SMA yang baru lulus untuk masuk ke UT. Hal ini didasari pada kenyataan bahwa setiap tahun terdapat sekitar 900 ribu orang yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

 

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, yang akan diterima oleh perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) sekira 600 ribu orang. ”Nah berarti masih ada sekitar 300 ribbu orang yang belum mendapatkan perguruan tinggi. Mereka inilah yang kami harapkan bisa masuk ke UT,” ungkap Gorky.

 

Sebelumnya, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim menjelaskan, pemberian beasiswa merupakan bagian dari upaya membuka akses pendidikan yang lebih luas. Mulai tahun ini pemerintah akan memberikan beasiswa strata 2 (S-2) khusus untuk bidang teknik, pertanian, dan sains.

 

”Diharapkan ada 100 ribu doktor pada 2025. Untuk menggenjot itu, banyak beasiswa, seperti dari Dana Abadi yang jumlahnya sekarang Rp15 triliun. Bunganya sudah sekira Rp750 miliar,” kata Musliar.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini