Share

Rektor Undip: Pejabat yang Baik Harus Mau Mendengar

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 17 September 2012 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 17 373 690910 418nURfEHd.jpg Ilustrasi : Corbis

JAKARTA - Seorang pemimpin harus memiliki karisma dan disegani oleh para bawahannya. Namun, pejabat yang baik itu harus bersedia untuk mendengar. Sebab dengan mendengar akan jauh lebih bisa memahami, berempati, dan mengerti.  

Demikian, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sudharto P Hadi saat melantik 32 pimpinan program studi (prodi) dan 10 pejabat administrasi di lingkungan Undip belum lama ini. Dia menyebutkan, sebagai pemimpin mendengar itu akan mengurangi potensi konflik, selain bisa dipergunakan untuk lebih mengerti anak buah, melalui mendengar pemimpin bisa mengambil keputusan yang baik.

 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Para pejabat yang dilantik mempunyai tugas utama menjadi dosen yang harus menjalankan tugas mengajar. Selain itu, pimpinan juga harus mampu menjadi teladan bagi staf yang dipimpin," ujar Sudharto, seperti dilansir dari laman Undip, Senin (17/9/2012).

 

Dia menggarisbawahi, tugas penting dari pimpinan prodi adalah bagaimana bisa mengkoordinasi melaksanakan fungsi tri dharma pendidikan tinggi dengan baik, seperti pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Namun, Sudharto juga mengingatkan agar pimpinan prodi memprioritaskan program Dikti pada 2012.

 

Sesuai surat edaran Dikti pada Januari 2012, lanjutnya, tiap lulusan prodi S-1 harus melakukan publikasi ilmiah. Untuk S-2 juga memiliki kewajiban melakukan publikasi karya ilmiah di jurnal nasional yang terakreditasi Dikti sementara untuk lulusan S-3 harus melakukan publikasi ilmiah pada jurnal internasioanl.

 

"Memang agak berat tetapi selama satu tahun ini diharapkan lulusan setelah 31 Agustus harus melaksanakan kebijakan tersebut. Untuk mendorong tercapainya hal tersebut pada tahun ini diharapkan setiap jurusan/prodi harus merintis pendirian jurnal internasional online. Tujuannya agar dapat memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan publikasi ilmiah dan banyak lagi karya ilmiah mahasiswa Undip yang dapat dinikmati oleh masyarakat internasional," ungkapnya.

 

Bagi pejabat administrasi yang baru dilantik Sudharto berharap adanya perubahan yang lebih baik dalam tertib administrasi cepat dan efisien. "Beberapa temuan lembaga audit ada beberapa yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki dengan baik," tuturnya.

 

Dia menekankan agar setiap petugas administrasi dapat melayani mahasiswa dengan baik, karena mereka adalah stakeholder Undip. "Kelak saat mereka lulus dan jadi alumni, akan menjadi duta yang baik untuk Undip," imbuh Sudharto.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini