Share

FTK ITS Diapresiasi Perusahaan Kapal Jepang

Margaret Puspitarini, Okezone · Selasa 18 September 2012 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 18 373 691608 HQdFvT0H1k.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya boleh berbangga hati. Pasalnya, fakultas tersebut mendapat apresiasi dari salah satu perusahaan di bidang klasifikasi kapal terbesar, yakni ClassNK. Bentuk apresiasi tersebut cukup unik, yaitu berupa donasi buku dan award bagi mahasiswa FTK.  

Class NK merupakan perusahaan di bidang klasifikasi kapal yang terpusat di Jepang dan salah satu yang terbesar di dunia. Perusahaan ini bertugas memeriksa dan mengeluarkan sertifikasi kapal sehingga layak layar. Tidak tanggung-tanggung, Chairman and President & ClassNK Noboru Ueda hadir langsung sebagai perwakilan untuk memberikan penghargaan bagi FTK ITS. Sementara itu, pihak ITS diwakili oleh Darminto selaku Pembantu Rektor IV Bidang Pengabdian Masyarakat, dan Dekan FTK Eko Budi Djatmiko.

 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Noboru menjelaskan, apresiasi ini diberikan dalam rangka memperingati keberhasilan ClassNK menembus 200 juta Gross Ton (GT). Angka ini merupakan total berat kapal yang pernah ditanggani oleh ClassNK. Selain memberikan apresiasi, dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak turut melakukan penandatangganan Memorandum of Angreement (MoA) untuk Class Award dan Donasi of ClassNK Library.

 

Sementara itu, Eko mengungkapkan, MoA ini adalah suatu kebanggaan bagi ITS. Pasalnya, ITS merupakan satu-satunya universitas di luar Jepang yang mendapatkan apresiasi ini. ''Penilaiannya, berdasarkan banyaknya alumni yang bekerja dengan baik di perusahaan tersebut. Pemberian apresiasi ini juga terkait prospek ITS di bidang perkapalan yang terbilang tinggi," ujar Eko, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (18/9/2012).

 

Eko menambahkan, penghargaan yang diberikan ClassNK berbeda dengan beasiswa. Penghargaan bagi mahasiswa FTK ini akan diberikan kepada empat mahasiswa tingkat akhir dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,35. "Syarat lainnya adalah mengetahui tentang dunia klasifikasi kapal dengan baik. Kemampuan membuat karya tulis juga menjadi poin yang diperhitungkan," ungkapnya.

 

Selain penghargaan, ClassNK juga memberikan donasi berbentuk sejumlah buku. Sebagian besar merupakan buku dan sebagian lagi berupa jurnal yang berisi tentang klasifikasi dan keselamatan kerja. "Jumlahnya belum bisa dipastikan pun dengan peletakan buku, masih menunggu keputusan Rektor ITS. Apakah di perpustakaan pusat atau perpustakaan fakultas,'' ujar dosen Teknik Kelautan tersebut.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini