Share

Dalami Bahasa & Budaya RI, Mahasiswa Jerman ke UMY

Margaret Puspitarini, Okezone · Rabu 19 September 2012 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 19 373 692142 8QruIGawqo.jpg Foto : UMY

JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi destinasi terakhir dari kunjungan para mahasiswa Universitas Passau Jerman ke Indonesia. Kunjungan yang dilakukan sejak Agustus lalu itu bertujuan mengenalkan budaya dan bahasa Indonesia.

Sebelumnya, delapan mahasiswa yang ikut dalam kunjungan ini telah mempelajari bahasa dan budaya Indonesia selama dua semester di kampus mereka. Namun, untuk mengenal lebih dalam kebudayaan Nusantara, mereka pun melakukan kunjungan tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Demikian diungkapkan oleh Dosen dari Universitas Passau Jerman Lita Priyatna dalam “Sharing and Discussion” yang bertempat di gedung pertemuan Magister Ilmu Pemerintahan UMY. Lita menambahkan, kunjungan rombongan mahasiswa Jerman ini ke UMY adalah untuk melihat seperti apa kegiatan yang dilakukan selama ini di UMY terkait dengan kegiatan internal maupun eksternal.

“Selain itu, kunjungan kami ke Indonesia ini terbagi dalam beberapa kelompok mahasiswa, di antaranya dalam hal seni dan budaya Indonesia, masalah keperempuanan, dan terakhir dalam hal wisata dan geografi,” tutur Lita, seperti disitat dari laman UMY, Rabu (19/9/2012).

Lita berharap, kunjungan ini dapat menjadi awal yang baik untuk dapat menjalin kerjasama antara Universitas Passau Jerman dengan UMY. “Setelah kunjungan ini, ke depannya mungkin akan terjalin kerjasama yang baik antara Universitas Passau Jerman dengan UMY. Misalnya dalam hal pertukaran pelajar, seminar internasional, dan hal lain terkait masalah pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Hana, salah seorang mahasiswi Universitas Passau Jerman yang ikut berkunjung ke UMY mengaku sangat tertarik dengan UMY. “UMY memiliki banyak program menarik. Ke depannya, saya sangat ingin belajar di UMY dan pastinya saya akan mengajak teman-teman di Jerman,” kata Hana.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini