Share

Minat Riset di FMIPA UGM Meningkat

Maha Deva, Koran SI · Rabu 19 September 2012 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 19 373 692194 ct8mKXPcfR.jpg Image: Corbis

YOGYAKARTA - Minat melakukan penelitian oleh civitas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) terus meningkat. Pada 2012 ini, tercatat 156 judul penelitian yang melibatkan sekira 80 persen dosen pengajar di kampus tersebut.

Peningkatan signifikan terlihat jika jumlah tersebut dibandingkan dengan jumlah penelitian pada 2011 lalu yang hanya 123 judul. "Keaktifan dosen dalam penelitian ini meningkat 10 persen. Tahun lalu hanya 70, tahun ini mencapai sekira 80 persen," jelas Dekan FMIPA UGM Dr. Chairil Anwar dalam rapat senat fakultas peringatan dies natalis ke-57 UGM, di kampus UGM, Yogyakarta, Rabu (19/9/2012).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dari data Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UGM, jumlah riset itu mampu menempatkan FMIPA di posisi ketiga dari sisi jumlah kegiatan maupun dana di UGM. FMIPA berada dibawah Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran.

Sisi positif yang terlihat dari peningkatan jumlah penelitian tersebut adalah peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Diklaim Chairil, kualitas lulusan mahasiswa S-1 dalam empat tahun terakhir menunjukkan peningkatan. Indikator peningkatan tersebut di antaranya adalah, rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang mampu bertahan di atas 3,1. Hal tersebut juga didukung oleh semakin singkatnya masa studi mahasiswa di FMIPA UGM.

"Waktu studi dari rata-rata di atas lima tahun menjadi kurang dari lima tahun. Secara konsisten beberapa prestasi juga disumbangkan mahasiswa pada berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini