Share

UI Career Expo Jembatani Pencari Kerja

Fariz A Sudrajat, Okezone · Kamis 20 September 2012 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 20 373 692599 hlADxuvG5R.jpg UI Career & Scholarship Expo 2012. (Foto: Fariz S/Okezone.)

DEPOK - Siapa yang tidak menginginkan untuk bekerja? Setiap orang pasti ingin bekerja. Tetapi yang jadi pertanyaan kedua, adakah tempat kerja yang sesuai dengan jurusan dan penghasilan sesuai dengan apa yang kita inginkan?

Pernyataan tersebut dilontarkan salah satu wakil perusahaan dalam pembukaan Universitas Indonesia (UI) Career and Scholarsip Expo XIV. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I UI M Anis bertutur, fokus perhelatan ini adalah menjembatani alumni perguruan tinggi, khususnya UI, dalam mencari pekerjaan serta meniti karier sesuai dengan jurusan yang dipilih ketika duduk di bangku perkuliahan.

"Kegiatan ini bukti nyata sebagai bentuk perhatian kepada para lulusan perguruan tinggi dalam mencari kerja. Saya berharap, UI menjadi PTN terdepan dan relevan dalam mencetak alumninya," ujar Anis di Balairung UI, Depok, Kamis (20/9/2012).

Anis mengklaim, berdasarkan riset yang dilakukan UI, para lulusannya  hanya menganggur paling lama tiga bulan, setelah sebelumnya selama lima bulan.

Mewakili Menakertrans Muhaimin Iskandar, Sekretaris Ditjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans Firdaus Badrun bertutur, pihaknya tidak akan membiarkan sarjana menganggur. Hal ini ditunjukkan melalui berbagai kebijakan yang dikeluarkan Kemenakertrans.

"Dalam hal ini sarjana perlu memiliki keterampilan lain juga di luar kemampuan akademis, karena melihat persaingan global yang begitu kuat saat ini," ucap Firdaus.

Hal senada dikatakan oleh Ketua Pelaksana UI Career and Scholarship Expo XIV Sandra Fikawati. Menurut Sandra, selain nilai IPK yang bagus, soft skil juga perlu dimiliki oleh para pencari kerja.

"Kami menjembatani para pencari kerja dengan perusahaan karena ini juga salah satu pesan dari Mendikbud, yakni setiap kampus harus memperhatikan lulusan-lulusannya. Acara job fair seperti ini adalah cara kami untuk memperhatikan lulusan PTN agar tidak menganggur," ujar wanita yang mengomandani kegiatan UI Career and Scholarship Expo selama 14 tahun ini.

Tahun ini, terdapat 91 booth perusahaan berpartisipasi dalam UI Career and Scholarship Expo XIV hingga 22 September mendatang. Perluasan Balairung UI membuat pihak yang berpartisipasi kian banyak, dan menyemarakkan kegiatan.

Di antara ratusan pencari kerja yang menyemut di Balairung UI, Anik, salah satu alumnus perguruan tinggi negeri mengaku semangat mencari kerja. "Saya harap bisa dapat pekerjaaan dan di perusahaan yang bergengsi. Tadinya malu, sekarang jadi tambah semangat," ujar alumnus Fakultas Keguruan itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini