Share

Unhas Beri Gelar Honoris Causa untuk Pangeran Jordania

Arpan Rachman, Okezone · Kamis 20 September 2012 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 20 373 692806 BA0gPAxq3y.jpg Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Universitas Hasanuddin menganugerahkan penghargaan kehormatan Doktor Honoris Causa (Dr HC) kepada His Royal Highness (HRH) Pangeran El Hassan bin Talal dari Jordania. (foto: istimewa)

MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) kepada His Royal Highness (HRH) Pangeran El Hassan bin Talal dari Yordania.

 

Inaugurasi pemberian gelar tersebut dilisankan oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Idrus Paturusi yang disepakati oleh Rapat Senat Terbuka Luar Biasa (RSTLB) di ruang senat lantai II Gedung Rektorat Unhas, Kampus Merah, Makassar, Kamis (20/9/2012).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

 

RSTLB dibuka oleh ketua senat Unhas Prof. Dr. Idrus Paturusi yang dilanjutkan pembacaan pengantar anugerah Doktor Honoris Causa oleh Prof. Dr. Tahir Kasnawi selaku promotor. Setelah pidato tersebut, RSTLB menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa dari Unhas kepada HRH Pangeran El Hassan bin Talal dalam bidang Multicultural Communication for Human and Nations Development.

 

"Pemberian gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang tersebut disebabkan HRH Prince El Hassan bin Talal telah memberikan sumbangsih yang besar dalam perkembangan ilmu, teknologi, dan seni," ungkap Prof. Idrus.

 

Turut mewarnai RSTLB, tayangan cuplikan pidato dari Pangeran El Hassan bin Talal. Dijadwalkan, pemberian anugerah akan dilakukan dalam waktu dekat oleh pihak universitas secara langsung di Istana Kerajaan Jordania di Amman.

 

Penghargaan Dr. HC telah diberikan Unhas kepada Presiden I RI Ir. Soekarno, mantan Wakil Presiden RI Drs. Mohammad Hatta, Perdana Menteri RI Chaerul Saleh, Presiden III RI Prof. Dr. BJ Habibie, Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Perdana Menteri Malaysia Tun Nadjib Tun Razak, dan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla .

 

Sri Paduka Pangeran El Hassan bin Talal merupakan anak dari Raja Talal dan Ratu Zein-al Sharaf dari Kerajaan Jordania. Dia juga adik dari mantan Raja Hussein. Namun, dalam RSTLB di Kampus Unhas, Sri Paduka Pangeran tidak dapat hadir karena beberapa masalah dan situasi konflik serius yang bergolak di Timur Tengah saat ini.

 

Pangeran El Hassan bin Talal pernah menerima gelar Doctor Honoris Causa dari beberapa universitas, di antaranya, Doctorate Honoris Causa dari Universidade Candido Mendes (UCAM), Brasil (2006); Doctorate Honoris Causa dari Institute of Higher Education of Brasilia (IESB), Brasil (2006); Doctorate Honoris Causa dari Faculdades Metropolitanas Unidas (FMU), Brasil (2006); Doctorate Honoris Causa Eotvos Lorand University, Hungaria (2007).

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini