Share

UMI-ITS Jajaki Kerjasama di Bidang Riset

Arpan Rachman, Okezone · Kamis 20 September 2012 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 20 373 692888 XMrmhxcWzu.jpg Ilustrasi : Corbis

MAKASSAR - Penjajakan kerjasama digagas antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar.

 

Gagasan tersebut dibawa langsung oleh Ketua LPPM ITS Lily dan Ketua LP2S UMI  Ma’ruf Hafid. Keduanya bertemu dalam kunjungan pihak LPPM ITS ke Kampus UMI Makassar, Kamis (20/9/2012).

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

 

Pertemuan itu turut dihadiri civitas academica UMI seperti Rektor UMI Masrurah Mokhtar, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Abdul Makhsud, Dekan Fakultas Pertanian UMI Hatta Fattah, dan lain-lain. Kerjasama yang dijajaki meliputi penelitian LPPM ITS dengan LP2S UMI dalam berbagai penelitian dengan bantuan anggaran baik dalam maupun luar negeri.

 

"UMI merupakan salah satu  perguruan tinggi yang termasuk kategori madya dalam bidang penelitian yang telah ditetapkan oleh Dikti, karena itu, tentu UMI telah memiliki pengalaman dalam pengembangan penelitian sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi dalam upaya menjadikan UMI sebagai research university sebagai universitas kelas dunia," ujar Lily.

 

Rektor UMI menyambut baik penjajakan kerjasama antara ITS dengan UMI. "UMI tahun ini berusia 58 tahun, telah memaksimalkan peran  Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan dan dakwah serta berperan sebagai garda terdepan perguruan tinggi Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur," ungkap Masrurah.

 

"UMI telah berpartisipasi aktif dalam menempatkan bangsa Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus memberikan dukungan bagi upaya pencerdasan umat dan pengembangan Ipteks dalam syiar Islam, baik dalam skala nasional maupun internasional dalam mewujudkan UMI sebagai World Class University," sambungnya.

 

Pertemuan tersebut membahas konsep penelitian yang akan dikerjasamakan mengacu kepada peta-jalan penelitian UMI dan ITS.  Salah satu implementasinya kerjasama pusat studi lingkungan UMI, bidang energi, produk perikanan dan pertanian, dan semua riset yang terkait dengan rekayasa.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini