Share

ITS Bangun Pusat Riset

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 21 September 2012 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 21 373 693134 x0jQJw1YaU.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mulai mewujudkan misinya menjadi universitas riset berskala internasional. Salah satunya dengan mulai membangun gedung pusat riset ITS.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tri Joko Wahyu Adi, gedung pusat riset ITS ini rencananya akan ditempati oleh 14 lembaga riset di ITS. Lembaga-lembaga ini nantinya juga akan digenjot untuk menyukseskan ITS sebagai kampus riset. ''Saat ini, lembaga-lembaga tersebut memang tersebar di beberapa gedung di ITS,'' ujar Tri Joko, seperti disitat dari ITS Online, Jumat (21/9/2012).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tri Joko menyebut, sesuai rencana, gedung tersebut akan dibangun 11 lantai. Pembangunannya pun memakan waktu yang relatif singkat, yakni tiga tahun. Bahkan, menurutnya, pembangunan tersebut bisa diselesaikan dalam waktu satu tahun. ''Pembangunannya tergantung keberadaan dana,'' ungkapnya.

Gedung yang dibangun pada lahan bekas danau Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) itu menggunakan konsep modern green building. Konsep ini sengaja dipilih sesuai komitmen ITS sebagai kampus peduli lingkungan. ''Danau FTK yang kami timbun nantinya akan dikembalikan ke fungsi semula,'' tutur Tri Joko.

Selain gedung pusat riset, ITS juga tengah membangun empat proyek pembangunan sarana dan prasarana penunjang pendidikan lainnya. Proyek tersebut, yaitu FMIPA Tower, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Common Support, dan Pusat Pelatihan Teknologi Vokasi.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini