nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awan Panas & Lava Pijar Masih Keluar dari Gunung Karangetang

Supardi Bado Raja, Jurnalis · Senin 24 September 2012 09:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 09 24 340 694036 kc24EUHwas.jpg Awan panas Gunung Karangetang (Dok: Sindo TV)

SITARO - Aktivitas vulkanik Gunung Karangetang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terus meningkat. Sejak Minggu kemarin hingga hari ini, Karangetang masih terus mengeluarkan awan panas dan lava pijar.

Berdasarkan pantauan, aliran lava dan awan panas mengarah ke Kecamatan Siau Timur. Lava pijar meluncur ke arah Sungau Batu Awang, Kahaketang, dan Keting dengan jarak luncur 1.000 hingga 2.000 meter.

Aliran lahar panas mendekati permukiman penduduk di dua kampung, yakni Moro dan Korakora. Permukiman tersebut berjarak sekira tiga kilometer dari kawah Gunung Karangetang.

Kepala Pos Pemantau Gunung Karangetang di Desa Salili mencatat, Yudy Kalangit, Senin (24/9/2012), menuturkan, sejak Minggu kemarin hingga pagi ini, Karangetang sudah tiga kali meletus. Letusan ditandai dengan peningkatan gempa tektonik dalam dan gempa embusan. Seismograf menunjukkan amplitudo berada di kisaran 10 hingga 25 milimeter.

Pemerintah Kabupaten Sitaro mengintensifkan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengevakuasi warga bila dampak letusan semakin memburuk.

Saat ini, warga hanya mengungsi di malam hari. Pagi hingga sore hari mereka kembali ke rumah dan beraktivitas seperti biasa.

Yudy mengimbau, warga yang bermukim di kaki Gunung Karangetang tidak mendekati radius 2,5 kilometer, apalagi letak perkebunan dan permukiman warga rata-rata berada di jalur lahar. Gunung Karangetang saat ini masih berstatus Siaga atau level III.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini