Share

19 Ribu Mahasiswa Bertarung di OSN Pertamina-UI

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Selasa 25 September 2012 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 25 373 694633 zicc4bQugn.jpg Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2012 di kampus UI, Depok. (Foto: Marieska H/Okezone)

DEPOK - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim membuka babak seleski tingkat propinsi Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN - Pertamina) yang diselenggarakan serentak di 33 provinsi di Indonesia. Sebanyak 19.238 mahasiswa akan berkompetisi memperebutkan total hadiah Rp2,8 miliar.

Dalam sambutannya, Musliar mengucapkan terima kasih atas dukungan Pertamina dalam membangun dunia pendidikan.  UI, kata dia, sebagai world class university patut diapresiasi karena telah mengikutsertakan perguruan tinggi di daerah.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

"UI menjadi kebanggaan kita, yang sudah ikutkan perguruan tinggi di daerah untuk ikut OSN ini. Tak semua seperti UI bisa meyakinkan Pertamina," kata Musliar dalam sambutannya di Balairung UI, Selasa (25/9/2012).

Indonesia, lanjutnya, harus terus mengejar ketinggalan dalam dunia penddidikan. Dengan adanya OSN, lanjutnya, inovasi-inovasi akan dapat tercipta untuk mengejar dan bersaing dengan negara maju.

"Akan tercetak inovasi baru dari OSN ini, kita masih kejar ketinggalan kita. Pak Dirjen Dikti juga sudah buat program kembangkan SDM, agar jumlah doktor di Indonesia sama dengan negara maju," tegasnya.

Juru Bicara Pertamina Ali Mundakir mengatakan, saat ini perusahaan minyak dunia sedang terus berkembang dan terus menyeleksi SDM yang berkualitas. Sementara, kata dia, Pertamina tengah menyusun konsep untuk mulai merekrut pekerja, bukan hanya tingkat mahasiswa, tetapi mulai dari SMA.

"Besar kemungkinan Pertamina berikan beasiswa bagi pemenang, lalu menyetujui proposal rencana penelitian, tentang energi baru terbarukan. Pertamina sudah banyak sekolahkan pelajar dan mahasiswa program itu sudah berjalan sejak lama," tutupnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini