Image

Hari Ini KPU Kota Batu Tetapkan Eddy Rumpoko Pemenang

Hari Istiawan, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2012, 09:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 10 08 520 700524 qZoti9aDci.jpg Eddy Rumpoko dan istrinya saat pencoblosan (Foto: Okezone/Hari Istiawan)

BATU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur, hari ini akan menetapkan pasangan Eddy Rumpoko (ER) sebagai Wali Kota Batu dan Punjul Santoso (PS) sebagai Wakil Wali Kota Batu untuk lima tahun ke depan.

Keduanya dinyatakan sebagai pemenang pilkada yang diselenggarakan 2 Oktober 2012 lalu. Hasil rekapitulasi menyebut, pasangan ER-PS unggul atas tiga lawan politiknya dengan memperoleh suara 46.724 (44,7 persen), disusul MK 25.379 (24,3 persen), DiNo 23.929 (22,91 persen), dan Wak Gus 8.396 (8,03 persen).

Ketua KPU Kota Batu, Bagyo Prasasti Prasetyo, mengatakan, meski hari ini akan dilakukan penetapan, namun SK penetapan masih menunggu tiga hari lagi.

“Kami beri kesempatan tiga hari kepada pasangan calon untuk melakukan gugatan,” kata Bagyo, Senin (8/10/2012).

Sementara itu, KPU Kota Batu tidak bisa menghadiri sidang perdana gugatan tiga calon ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga digelar hari ini di Jakarta. Sebab, KPU Kota Batu mementingkan sidang pleno penetapan hasil rekapitulasi suara hasil pilkada.

Sebagai perwakilan, KPU Kota Batu telah mewakilkan kepada kuasa hukum, Robikin Emhas, untuk mengikuti sidang. “Rencana awal kita hadir semua, tapi ada yang lebih penting yakni pleno penetapan,” kata Ketua Pokja Perencanaan, Data dan Humas KPUD Kota Batu, Supriyanto.

Menurutnya, kuasa hukum KPU Kota Batu sudah menyiapkan sejumlah alat bukti terkait penetapan Eddy Rumpoko dan Punjul Santoso untuk ikut pilkada. Pasangan tersebut diragukan karena dugaan ijazah palsu.

Sementara itu, para pendukung tiga pasangan calon sejak Minggu kemarin sudah berangkat ke gedung MK untuk menyaksikan sidang. Mereka berangkat menggunakan bus.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini