Share

Wakil Ketua KPK Kuliahi Mahasiswa Antropologi se-Indonesia

Iman Herdiana, Okezone · Rabu 10 Oktober 2012 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 10 373 701826 EPuG3wLbg3.jpg Suasana kuliah umum Wakil Ketua KPK Bambang Widjodjanto di Unpad. (Foto: Iman H/Okezone)

BANDUNG – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjodjanto memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Jurusan Antropologi se-Indonesia di Bale Sawala, Universitas Padjajaran (Unpad), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/10/2012).

Dalam kuliahnya, Bambang sempat memutar film pendek berjudul "Selamat Siang, Risa!" sebagai pembuka diskusinya. Film yang berdurasi sekira 10 menit itu beralur cerita mengenai keluarga miskin yang mencoba melawan korupsi.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

"Film sebagai medium alternatif nanti akan dikembangkan oleh KPK untuk sosialisasi antikorupsi," tuturnya di sela-sela kuliah.

Selain mempertontonkan film dan iklan karya KPK, Bambang juga memaparkan tiga jenis korupsi yang ada selama ini, terutama di Indonesia. Dia menjelaskan, korupsi pertama disebut corruption by need atau korupsi yang dilakukan secara terpaksa karena ingin memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari yang tidak tercukupi.

"Biasanya ini dialami oleh masyarakat dengan ekonomi rendah, yang gajinya minim," jelasnya.

Kedua, lanjut dia, corruption by greed, atau memaksa dilakukan karena adanya sifat keserakahan untuk bisa hidup secara berlebihan. Dan terakhir, corruption by system atau dipaksa korupsi karena pertemuan antara niat dan kesempatan.

"Jenis korupsi yang kedua ini dilakukan oleh para pemegang kewenangan," bebernya.

Kuliah yang dimoderatori oleh Bili Khaerudin yang juga seorang jurnalis media nasional ini juga dihadiri oleh para dosen, dekan dan guru besar Jurusan Antropologi Unpad.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini