Penjahat Perang Bosnia Berikan Pembelaan

Fajar Nugraha, Okezone · Selasa 16 Oktober 2012 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 16 414 704581 IJbh2j5iec.jpg Radovan Karadzic (Foto: AFP)

DEN HAAG - Mantan pemimpin Bosnia Serbia Radovan Karadzic mulai memberikan pembelaannya atas tuduhan kejahatan perang di pengadilan internasional di Den Haag, Belanda. Karadzic akan membela diri dari 10 tuduhan genosida, kejahatan perang dan kejahatan atas kemanusiaan.

Atas 10 tuduhan berlapis tersebut, Karadzic menyatakan dirinya tidak bersalah. Ini termasuk dengan pembantaian terhadap warga Bosnia, oleh pasukan Bosnia-Serbia di Srebrenica pada Juli 1995 silam. Demikian diberitakan BBC, Selasa (16/10/2012).

Pria berusia 67 tahun tersebut diadili di Pengadilan Kejahatan Internasional, sejak Oktober 2009. Sebelumnya, Karadzic sempat menghilang dalam pelariannya selama 13 tahun. Polisi baru berhasil menangkapkan pada 2008 di sebuah bus di Beograd.

Salah satu yang menjadi perhatian dalam pengadilan ini adalah tuduhan genosida yang diarahkan pada dirinya. Tuduhan tersebut terkait kematian lebih dari tujuh ribu warga Muslim Bosnia di Srebrenica. Ini adalah insiden terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.

Selain itu, dirinya juga didakwa karena menyerang Sarajevo selama 44 bulan, yang telah menewaskan lebih dari 12 ribu warga sipil. Dia juga ditanya mengenai pengeboman di sebuah pasar di Sarajevo pada Agustus 1995.

Dalam pembelaannya Karadzic berhasil lepas dari salah satu tuduhan genosida, yakni pengusiran paksa dari ratusan ribu warga non-Serbia dari kota dan desa di Bosnia. Tetapi untuk tuduhan lainnya, Karadzic gagal untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini