Share

M Nuh Imbau Jangan Pakai Pendekatan Kekerasan

Pebrianto Eko Wicaksono, Okezone · Sabtu 20 Oktober 2012 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 20 417 706805 2ajZeMoIVa.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone)

JAKARTA - Tragedi di Universitas Pamulang (Unpam), sangat disesalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud ) M Nuh. Menurut dia, ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa harus dengan kekerasan.  

Seperti diketahui, penembakan yang diduga dilakukan oleh oknum kepolisian menimpa mahasiswa Fakultas Hukum Unpam Heri Anggara, pada Kamis 18 Oktober lalu. Saat itu tengah terjadi bentrokan antara mahasiswa dan aparat kepolisian, yang dipicu aksi unjuk rasa menolak kedatangan Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna. Kedatangan Wakapolri untuk memberikan kuliah umum di kampus tersebut.

 

"Kejadian seperti itu, jadi harus belajar tertib. Baik dari mahasiswa dan kepolisan. Yang jadi korban kan anak-anak kita sendiri," ujar M Nuh kepada Okezone saat menghadiri Temu Akbar Alumni Tehnik Elektro Institut Tehnologi Sepuluh November (ITS) di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (20/10/2012).

 

M Nuh pun meminta baik kepada mahasiswa maupun pihak kepolisan, agar kekerasan di ranah perguruan tinggi dihentikan. Selain itu, dia juga meminta kedua pihak menggunakan pendekatan yang lebih arif.

 

"Intinya sudahilah hal seperti itu. Wong kita itu di dunia akademik, kita kedepankan pendekatan-pendekatan akademik. Jangan sampe kalau ada apa-apa itu pakai kekerasan," pinta M Nuh.

 

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto membantah bahwa luka yang menimpa Feri tersebut bukanlah bekas peluru tajam, melainkan luka tusuk oleh benda tertentu.

 

"Feri Irawan luka diperut dan hasil operasinya luka itu hanya luka benda tertentu sedalam satu sentimeter lebih," ujarnya kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat 19 Oktober kemarin.

 

Setelah dioperasi, menurut Rikwanto, di dalam tubuh Feri juga tidak terdapat peluru tajam maupun peluru karet. "Di dalamnya tidak ada luka peluru karet, seperti yang beredar luka tembak. Ternyata operasi kecil ada darah yang membeku, ternyata luka tusuk benda tertentu," tambahnya.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini