Hillary Clinton Dukung Bosnia Gabung Uni Eropa

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Rabu 31 Oktober 2012 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 31 414 711809 HZBimo3CA6.jpg Hillary Clinton (Foto: Reuters)

SARAJEVO – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton, menyampaikan dukungannya pada Bosnia Herzegovina untuk dapat bergabung dengan Uni Eropa (UE). Integrasi dengan UE diharapkan dapat memperbaiki kondisi ekonomi, politik dan keamanan di negara yang sebelumnya diselimuti konflik berkepanjangan itu.

Clinton juga menegaskan dukungan AS terhadap integritas dan kedaulatan Bosnia. Setelah 17 tahun sejak perang saudara usai dan memisahkan diri dari Yugoslavia, Bosnia masih tetap terjebak dalam ketegangan antar etnis.

Bosnia Herzegovina merupakan negara yang terbentuk dari gabungan dua pemerintahan semi otonom, Federasi Muslim-Kroasia yang dikuasai kelompok Muslim bersama etnis Kroasia dan Republik Srpska yang dikuasi oleh kelompok etnis Serbia.

Ketiga kelompok etnis tersebut seringkali bersitegang satu sama lain. Hal ini membuat Clinton menunjukkan kekecewaannya. “Kami kecewa pemimpin-pemimpin di Bosnia lebih mementingkan sentimen etnis daripada kepentingan negaranya," ungkap Clinton, seperti dikutip The Nation, Rabu (31/10/2012).

Beberapa hari ini Clinton melakukan kunjungan ke beberapa negara Balkan bersama Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Catherine Ashton. Setelah berkunjung ke Bosnia kedua pejabat tersebut akan mendatangi Serbia dan Kosovo.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini