Share

AS Desak Serbia Perbaiki Hubungan dengan Kosovo

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Kamis 01 November 2012 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 01 414 712019 Ebq5YDMqru.jpg Foto : Hillary Clinton (AFP)

PRISTINA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) meminta Serbia untuk memperbaiki hubungannya dengan Kosovo. Hal tersebut disampaikan Clinton dalam kunjungannya ke Kosovo bersama dengan Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa (UE), Catherine Ashton.

 

“AS meminta seluruh pihak (Kosovo dan Serbia) untuk menciptakan dan mengimplementasikan kesepakatan-kesepakatan dan menormalisasi hubungan bilateral, secepatnya," ujar Clinton seperti dikutip Xinhua, Kamis (1/11/2012).

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

 

Seperti diektahui, Serbia tidak pernah mengakui kemerdekaan yang diproklamasikan oleh Kosovo pada 2008 lalu. Serbia sampai saat ini masih menganggap bahwa Kosovo sebagai salah satu provinsinya.

 

Serbia seringkali memboikot organisasi internasional yang mengakui status Kosovo sebagai negara yang berdaulat. Meski demikian, kemerdekaan Kosovo sangat direstui oleh banyak negara, termasuk AS dan negara-negara UE.

 

Pada Oktober lalu, Ashton merancang pertemuan antara pemimpin Serbia dan Kosovo di Brussels, Belgia. Pertemuan tersebut membahas upaya pemulihan hubungan bilateral kedua negara itu.

 

“Pertemuan itu memberikan jalan bagi terbentuknya perdamaian dan kesejahteraan jangka panjang pada kawasan tersebut, kami mendorong kedua belah pihak untuk terus melakukan pertemuan yang didasari atas saling kepercayaan”, dikatakan Ashton.

 

“Pertemuan tersebut tidak berjalan mudah, namun kami akan terus mencoba untuk memastikan terbentuknya perdamaian bagi warga Kosovo” tambahnya.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini