Image

Penyelundupan Sabu Senilai Rp2,5 Miliar Digagalkan

Pramono Putra, Jurnalis · Rabu 07 November 2012, 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 11 07 521 714902 0TIskThZ50.jpg Ilustrasi sabu (Foto: hileud)

SIDOARJO- Petugas Bea dan Cukai Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, mengagalkan sabu senilai Rp2,5 miliar asal Malaysia. Polisi juga menahan tiga orang yang mencoba menyelundupkan barang haram tersebut.

Nasir (33) warga Sampang, Madura bersama dua rekannya, SD dan KL, terpaksa harus berurusan dengan tim anti-narkoba petugas Bea Cukai Bandara Juanda dan Satnarkoba Polda Jawa Timur.

Mereka kedapatan membawa narkoba jenis sabu seberat 924,1 gram senilai Rp2,5 miliar yang diduga akan dijual di wilayah Madura.

Pengungkapan kasus penyelundupan sabu dari Malaysia itu bermula ketika petugas Bea Cukai Juanda mencurigai seorang penumpang pesawat Air Asia yang baru mendarat dari Malaysia.

Setelah dilakukan pemeriksaan barang bawaan melalui X-Ray, akhirnya diketahui tersangka Nasir membawa 924,1 gram sabu yang disimpan di dalam tas pakaian. Untuk mengelabuhi petugas, tersangka membungkus sabu dalam sejumlah saset white coffee yang disimpan di balik pakaian dalam tas pakaian.

Dari hasil pengembangan kasus, petugas gabungan akhirnya berhasil menangkap dua tersangka lainnya yang diduga membantu Nasir untuk mengedarkan sabu di wilayah Madura.

Kepada petugas, Nasir mengaku, dari hasil menyelundupkan sabu melalui Bandara Juanda Surabaya ini, tersangka akan menerima uang senilai Rp8 juta dari bandar narkoba di Malaysia yang kini masih dalam pengejaran petugas.

Sementara dua tersangka lainnya yang membantu tersangka ke Madura mendapat bagian Rp300 ribu per orangnya.

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, saat ini ketiga tersangka diserahkan dan diamankan ke Polda Jatim untuk dilakukan pengembangan kasus karena diduga masih ada pelaku lainnya yang membantu tersangka dalam mengedarkan sabu di wilayah Jawa Timur.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini