Siapkan Apa Saja untuk Beasiswa ke Swedia?

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Senin 12 November 2012 11:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 11 12 373 717048 hvbD7juWvx.jpg Image: corbis

JAKARTA - Program beasiswa Swedish Institute (SI) Study Scholarship 2012 untuk masa studi musim gugur 2013 akan segera dibuka. Pihak pemberi beasiswa akan mengumumkan daftar program studi (prodi) yang mereka tanggung pada awal Desember 2012.

Jika berminat melanjutkan studi di Swedia, maka lebih baik kita bersiap sejak sekarang agar proses pendaftaran beasiswa kita berjalan lancar. Sebagai pegangan, situs Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Swedia, Senin (12/11/2012) mendata kelengkapan berkas lamaran yang perlu kita persiapkan berdasarkan persyaratan beasiswa tahun lalu.

Formulir pendaftaran

Formulir pendaftaran akan diunggah pada laman Study in Sweden. Proses pendaftaran pun dilakukan secara online dan hanya bisa dilakukan sekali waktu karena tidak ada fitur simpan data.

Curriculum vitae (CV)

Siapkan CV yang ringkas namun memenuhi semua informasi penting tentang diri kita hanya dalam satu halaman. Pastikan kita mencantumkan informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kegiatan berorganisasi, dan prestasi yang memiliki relevansi satu sama lain sehingga memiliki alur yang jelas.

Surat Motivasi

Tahun lalu, surat motivasi beasiswa SI mencakup tiga pertanyaan utama yang harus dijawab para pelamar. Masing-masing jawaban harus ditulis maksimal dalam 600 karakter.

Berikut contoh pertanyaan dan kisi-kisi jawaban yang bisa kita jadikan acuan.

Pertanyaan 1: "Mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa ke Swedia?"

Jawaban 1: 

Who you are and the purpose of your existence.

Pada bagian ini kita harus bisa menjelaskan siapa diri kita, visi atau tujuan hidup secara umum yang ingin kita capai, serta bagaimana prinsip yang kita anut berbeda dari orang lain sehingga nilai strategis kita bisa terbaca.

Jika memungkinkan, lihatlah jika tujuan dan rencana hidup kita berselaras dengan tujuan dan rencana beasiswa SI, yakni: "Relationships and exchanges contribution to development".

Don’t talk the talk, but walk the talk.

Bagian ini menjabarkan prestasi, penghargaan dan keberhasilan hidup lain yang telah kita raih serta bertalian dengan prodi yang kita pilih. Jelaskan juga bagaimana keberhasilan itu merefleksikan soft skill positif kita seperti kemampuan memimpin, bekerja dalam tim, dan sebagainya.

It’s a Win-Win Proposition.

Pada bagian ini, tekankan bahwa proposal beasiswa kita akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi kita sebagai penerima beasiswa, tetapi juga lembaga donor. Jabarkan bahwa Swedia akan mendapatkan keuntungan dari kehadiran kita dalam konteks pertukaran dan wawasan budaya. Dengan demikian, kita pun sekaligus menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Pertanyaan 2: "Beri 3 contoh bagaimana studi Anda di Swedia dan program yang Anda pilih dapat mempengaruhi perkembangan pribadi dan profesional/akademis."

Jawaban 2:

Praise it right

Kita bisa membagi jawaban ini dalam tiga lingkup umum yakni negara, universitas, dan beasiswa. Pada lingkup negara, kita bisa menjelaskan tentang bagaimana prodi yang kita minati di Swedia dapat berguna untuk mewujudkan ambisi kita.

Pada lingkup universitas, paparkan bagaimana keunikan prodi di universitas yang kita tuju dapat diaplikasikan dalam kehidupan karier kita nantinya. Serta pada lingkup beasiswa, jika bisa menjelaskan bagaimana program beasiswa SI ini akan berguna bagi pengembangan kepribadian dan soft skill kita.

Passion for your action.

Jawaban atas pertanyaan kedua juga sebaiknya mendeskripsikan gambaran dan penjelasan tentang hasrat kita atas prodi yang kta minati. Kaitkan hal ini dengan relevansi pengalaman kerja atau pengalaman studi terdahulu, dan bagaimana hal tersebut mengubah cara pandang hidup kita.

Be consistently consistent.

Konsiten dan gunakan alur yang jelas ketika memaparkan keselarasan kemampuan (skill), pendidikan, dan pengalaman kerja dengan prodi yang kita minati.

Pertanyaan 3: "Deskripsikan bagaimana studi Anda di Swedia dapat memberi kontribusi penting bagi negara asal (Indonesia)."

Jawaban 3:

We (Indonesia) are in need.

Secara ringkas dan tegas, berikan paparan latar belakang tentang mengapa prodi yang kita minati penting dan akan berguna bagi kemajuan Indonesia.

Start small but think big.

Penjelasan tentang bagaimana prodi yang kita pilih akan mendukung kemampuan dan ambisi kita dalam berkontribusi kembali pada Tanah Air. Berikan contoh konkret dan dekat dengan kehidupan sehari-hari tetapi ikut membantu perkembangan Indonesia.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini