Image

Mahasiswa Tuntut Rektor Terbuka Soal Kasus Korupsi di UM

Hari Istiawan, Jurnalis · Selasa, 13 November 2012 - 14:21 WIB
Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist.

MALANG - Puluhan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berunjuk rasa di depan rektorat menuntut Rektor UM menjelaskan kepada mahasiswa secara terbuka terkait kasus dugaan korupsi di kampus mereka.

Mahasiswa yang mengatasnamakan Forum Mahasiswa Peduli UM, ini juga sempat bersitegang dengan pihak keamanan kampus karena mereka menggelar unjuk rasa secara mendadak. Meski demikian, mereka akhirnya diperbolehkan menyampaikan aspirasinya. "Kami ingin rektor menemui kami dan audiensi di luar," kata Koordinator Aksi, Septian Maulana, di sela-sela aksinya, Selasa (13/11/2012).

Mahasiswa menuntut klarifikasi terkait pemberitaan dugaan korupsi yang menyangkut almamaternya dan pimpinan tertinggi UM. Menurut Septian, dalam pemberitaan disebutkan bahwa Rektor UM diduga sering diberi hadiah uang ratusan juta sebagaimana disebutkan oleh saksi Clara Mauran dalam persidangan kasus suap wisma atlet, selaku pegawai PT Anugerah Nusantara.

Selain itu, kata Septian, kasus dugaan korupsi yang menyangkut almamaternya juga terjadi dalam proyek pengadaan peralatan laboratorium di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM. Dalam kasus ini, berkas sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor di Surabaya dengan tiga terdakwa yang bakal diadili yang semuanya adalah karyawan dan dosen UM.

"Karena itu kami ingin klarifikasi ke rektor demi nama baik almamater," imbuh Septian.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming