Share

Juarai YORECO, Mahasiswa UNM Sisihkan 30 Kampus

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 22 November 2012 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 22 373 721712 w6CmkF93JZ.jpg Foto : Mahasiswa UNM yang berlaga di YURECO, Universitas Negeri Padang/UNM

JAKARTA - Dua mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil merebut juara pertama pada ajang Young Indonesian Researcher Competition (YORECO). Tismi Dipalaya dan Mutmainnah Latif mengungguli peserta lainnya dengan memaparkan penelitian mengenai metode pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap perilaku siswa.  

Tismi menyebutkan, pada ajang tahunan tersebut, mereka mempersentasekan penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Siswa Pada Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. "Penelitian inilah yang menghantarkan kami merebut juara 1," ujar Tismi, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (22/11/2012).

 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dia mengaku bangga atas prestasi yang dicapai melalui ajang tersebut. Apalagi, mereka harus bersaing dengan 30 tim yang berasal dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. "Kami bersyukur UNM dapat diwakili oleh dua tim dan salah satunya bisa menjadi yang terbaik dibanding peserta lainnya," kata pengurus Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penelaran UNM itu.

 

Sementara itu, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan UNM Heri Tahir sangat mengapresiasi keikutsertaan delegasi UNM dalam kegiatan tersebut. Perjuangan mereka, lanjutnya, membuahkan prestasi yang sangat memuaskan. "Ini merupakan bukti, mahasiswa kita tidak kalah dengan mahasiswa dari universitas lain," urai Heri.

 

Heri menyatakan, akan terus memberikan dukungan penuh untuk berbagai kegiatan serupa baik skala nasional maupun internasional. "Kami berharap, ke depannya mahasiswa UNM bisa lebih aktif dalam berbagai kegiatan positif dan lomba-lomba dan pasti akan kami dukung sepenuhnya," tutupnya..

 

YORECO merupakan kompetisi penelitian tingkat nasional yang dilaksanakan tiap tahun oleh Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) Universitas Negeri Padang. Pada ajang yang dilaksanakan pada, 16-18 November 2012, UNM mengirimkan dua tim, yang beranggotakan dua mahasiswa tiap tim.

 

Tim pertama adalah Tismi Dipalaya dan Mutmainnah Latif yang menjadi jawara pertama. Sementara tim yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, yakni Nurfadillah Umar dan Mudrikah Zulkifli harus puas dengan menjadi finalis.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini