Share

XL Gandeng ITB Riset Aplikasi Cloud

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 23 November 2012 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 23 373 722554 eZ8oInNTrX.jpg

JAKARTA - Mahasiswa merupakan kreator muda yang tidak pernah lelah berinovasi. Sayangnya, banyak hasil karya maupun penelitian mereka yang tidak terpublikasi maupun tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga penelitian mereka tidak jarang hanya berakhir dalam sebuah laporan.

Menyadari hal tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk bekerjasama terkait riset layanan berbasis Komputasi Awan (Cloud). Kedua pihak sepakat mengikat kerjasama selama tiga tahun ke depan, dengan mencakup penelitian dan pengembangan terhadap beberapa bentuk aplikasi, sehingga nantinya aplikasi tersebut dapat dipasarkan dan dinikmati oleh segala lapisan masyarakat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Vice President Strategic Business & Innovation XL Axiata Joedi Wisoeda dan Wakil Rektor ITB Wawan Gunawan A Kadir menandatangani perjanjian kerjasama ini di Bandung, Kamis (22/11/2012). "Hasil riset atau tugas akhir yang dilakukan di kampus jarang terpublikasi dan dikembangkan menjadi suatu produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk itu, melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memfasilitasi kreatifitas para mahasiswa ITB dalam menghasilkan karya-karya inovatif yang berguna bagi masyarakat luas dan kalangan industri,” ujar Joedi, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (22/11/2012).

Pengembangan hasil riset tersebut akan dituangkan dalam bentuk aplikasi ataupun produk layanan lainnya yang siap untuk digunakan oleh masyarakat umum. Program pengembangan riset ini tidak hanya menciptakan suatu solusi baru, tapi juga melakukan analisa terhadap kebutuhan pasar. XL dalam hal ini memberikan dukungan sebagai fasilitator baik dalam hal riset, promosi, dan membantu memasarkan produk menuju komunitas yang tepat.

Melalui kerjasama ini, Joedi berharap dapat terus berpartisipasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat perguruan tinggi dan dapat membawa suatu layanan baru yang akan memudahkan masyarakat untuk mengadopsi teknologi komputasi awan. Selain ITB, XL telah menggandeng Universitas Indonesia (UI) dan Swiss German University (SGU) untuk pengembangan riset komputasi awan dengan fokus bidang yang berbeda.

Komputasi awan adalah layanan yang memungkinkan kita untuk mengatur dan berbagi sumber daya teknologi informasi (TI), baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur pendukung, maupun layanan terkait lainnya. Dengan adanya layanan ini, pelanggan dapat lebih menghemat investasi terhadap berbagai kebutuhan IT.

Mereka juga dapat memiliki solusi on-demand dalam waktu singkat dan cepat. Tak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan layanan untuk dirinya sendiri dan ketika selesai, layanan dapat segera dihentikan. Layanan ini juga mempunyai potensi yang besar terhadap berbagai peluang bisnis. Misalnya, dengan pengembangan piranti lunak, maka pengguna dapat mengembangkan suatu aplikasi baru yang bisa diperjualbelikan kepada masyarakat.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini