nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Desa di Aceh Utara Terendam Banjir

Salman Mardira, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2012 21:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 12 01 340 726087 Q4fjPgcokC.jpg Ilustrasi

BANDA ACEH - Puluhan desa di sembilan kecamatan Kabupaten Aceh Utara dilanda banjir, akibat derasnya hujan yang mengguyur wilayah tersebut. Ratusan warga yang rumahnya terendam kini mengungsi.

Hujan lebat melanda Aceh Utara sejak kemarin menyebabkan beberapa sungai (krueng) meluap, diantaranya Krueng Pase, Krueng Pirak dan Krueng Keureuto. Ketinggian air berbeda-beda di sejumlah kawasan, diperkirakan mulai dari selutut orang dewasa hingga mencapai satu meter lebih.

Sekretaris Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Munawar mengatakan, pihaknya masih terus mendata dan membangun tenda darurat untuk membantu korban.

“Sekarang anak buah saya masih di lapangan melakukan pendataan jadi belum semua terdata,” katanya saat dihubungi wartawan, Sabtu (1/12/2012).

Pihaknya sudah mendata tiga kecamatan. Sedikitnya di Kecamatan Matangkuli ada 17 desa terendam, Kecamatan Tanah Luas ada 13 desa dan di Kecamatan Pirak terdapat 14 desa.

Warga sejumlah desa yang terendam banjir sudah meninggalkan rumahnya dan saat ini berkumpul di jalan-jalan dan masjid. Untuk mengantisipasi naiknya air, tim reaksi cepat BPBD telah mendirikan tenda. “Baru dibangun dua tenda satu di Matangku dan satunya lagi di Pirak. Kami juga siagakan dua boat karet,” ujarnya.

BPBD Aceh Utara membutuhkan sedikitnya 15 perahu karet untuk mengantisipasi meluasnya dampak banjir serta mengevakuasi warga. “Kami kekurangan boat karet tolong diberitakan agar BPBA (Badan Penanggulangan Bencana Aceh-red) mengirim bantuan,” harap Munawar.  

Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sudah mengirimkan bantuan logistik masa panik berupa mie instan, ikan kaleng serta beras ke beberapa lokasi banjir. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa akibat banjir.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini