nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penambangan Emas di Pulau Buru Merusak Lingkungan

Insany Syahbarwati, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2012 10:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 12 06 340 728122 0s2g6PHkEA.png Ilustrasi

BURU – Lokasi penambangan emas ilegal di kawasan Gunung Botak, Kecamatan Waeapo, Pulau Buru, ternyata mengancam kelestarian lingkungan. Area itu kini ditutup menyusul bentrok antara penambang dan warga adat pada Selasa, 4 Desember lalu.

“Sejak Rabu (Pemkab Buru) sudah menutup areal tambang,” kata Bupati Kabupaten Buru, Ramli Umasugi, Kamis (5/12/2012).

Ramli menjelaskan, penutupan dilakukan karena keberadaan tambang tesebut menjadi alasan terjadinya bentrok antara penambang dan warga adat. Mereka rebutan lahan.

“Penutupan terpaksa dilakukan juga karena penambangan emas ilegal  telah menyebabkan adanya kerusakan lingkungan,” tambahnya.

Setelah ditutup, dia meminta penambang emas yang datang dari luar daerah untuk segera meninggalkan Pulau Buru.

Seperti diberitakan sebelumnya, bentrok terjadi di kawasan penambangan ilegal tersebut. Kondisi memang sudah memanas sejak sepekan terakhir, dan mencapai puncak pada Selasa dua haru lalu.

Sejumlah tenda-tenda yang didirikan penambang dan pos jaga warga setempat dibakar. Lima orang dikabarkan tewas dan sejumlah lainnya terluka selama bentrokan terjadi.

Kondisi terkini, area pertambangan sudah sepi. Ratusan personel TNI dan Polri menguasai daerah itu untuk mengantisipasi bentrok susulan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini