nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asap Putih Masih Keluar, Aktivitas Gunung Lokon Menurun

Effendi Pioh Labenjang, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2012 10:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 12 07 340 728721 kh2HERipnz.jpg Warga memantau aktivitas Gunung Lokon (Ilustrasi, Dok: Sindo TV)

TOMOHON - Aktivitas vulkanik Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, hari ini terpantau menurun. Pada Kamis, 6 Desember, gunung tersebut meletus dan melontarkan debu vulkanik setinggi 3.500 meter.

Pantauan secara visual, Jumat (7/12/2012) pagi, cuaca di pundak cerah, tampak asap putih tebal keluar dari Kawah Tompaluan.

Ferry Rusmawan, petugas pos pemantau Gunung Lokon, mengatakan, berdasarkan data rekaman seismograf, aktivitas kegempaan masih didominasi tremor dan beberapa kali vulkanik dalam. Namun, skalanya sudah jauh menurun dibanding kemarin.

Ferry mengimbau kepada warga agar tetap waspada dan tidak beraktivitas di radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan.

Sementara itu, warga di pusat kota Tomohom sudah beraktivitas seperti biasa. Aktivitas perkantoran, pendidikan, dan ekonomi sudah berjalan normal sejak pagi tadi.

Badan Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi dan Badan Nasional Penanggaulangnan Bencana (BNPB) melakulan koordinasi dengan pemkot untuk melakukan pemetaan rencanan lokasi pengungsian.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini