Image

Wanita Ini Selundupkan Sabu di High Heels

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2012, 11:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 12 27 519 737651 fXx2bb5Zy3.jpg Satuna binti Abdul Majid diperiksa petugas (Foto: Nurul Arifin/Okezone)

SURABAYA - Modus penyelundupan sabu-sabu semakin berkembang. Kali ini, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu yang dilakukan seorang perempuan asal Madura. Sabu disembunyikan di sepatu berhak tinggi atau high heels.

 

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) Kanwil Bea dan Cukai Jatim I, Eko Darmanto, modus yang digunakan tergolong klasik, tapi baru terjadi di wilayah Bea Cukai Bandara Juanda.

“Ini termasuk baru, kemungkinan ini terlibat secara jaringan yang sengaja disebar. Sehingga, bila tertangkap satu, masih ada beberapa yang lolos,” kata Eko, di KPPBC Bandara Juanda, Kamis (27/12/2012).

Dia menambahkan, modus ini terungkap bermula dari kecurigaan sejumlah penumpang pesawat Air Asia pada Senin, 24 Desember. Saat itu, pelaku, Satuna binti Abdul Majid (37), baru tiba dari Kuala Lumpur, Malaysia. Dia hendak menuju Kabupaten Sampang.

Anehnya, meski di luar negeri beberapa hari, namun barang bawaannya tidak ada di bagasi pesawat.

”Kami curiga. Secara logika tidak mungkin orang bepergian ke luar negeri dengan minim barang bawaan. Sehingga, kami lakukan eksaminasi dokumen bersama Ditnarkoba Polda Jatim. Ternyata di sandal hak tinggi yang dipakainya itu tersimpan sabu-sabu seberat 100 gram,” jelas Eko.

Modus seperti itu dilakukan oleh bandar sabu luar negeri dengan menyebar sejumlah kurir. Bisa jadi, seorang bandar menyebar 10 kurir sabu-sabu di mana masing-masing pelaku membawa 100 gram. Bila tertangkap satu masih ada sembilan lainnya yang lolos. Karena itu, pihak KPPBC bekerja sama dengan sejumlah pihak akan melakukan pengembangan.

Sementara itu, Satuna mengaku barang tersebut didapat dari seseorang di Malaysia bernama Nisa. Dia diberi upah Rp10 juta untuk mengantar barang tersebut kepada seseorang di Sampang.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini