Share

Rp16 T Dana Abadi Pendidikan Ditangani Kemenkeu

Senny Ferdian Ciu, Okezone · Jum'at 04 Januari 2013 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 04 373 741194 CPnL6CnxUI.jpg Ilustrasi: aktivitas bongkar muat uang di Bank Indonesia. (Foto: Runi Sari B/Okezone)

JAKARTA - Salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2013 adalah memanfaatkan dana pengembangan pendidikan atau yang disebut dengan dana abadi. Namun, pengelolaan dana tersebut mengundang tanda tanya dari berbagai pihak, seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi X DPR.

Mendikbud Mohammad Nuh menegaskan, dana yang diperkirakan akan mencapai Rp16 triliun pada 2013 ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan sebelumnya sudah disetujui oleh pemerintah dan DPR. Menurut Nuh, pengelolaan dana abadi tidak berada di tangan Kemendikbud, melainkan di bawah wewenang Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Kemenkeu sudah membentuk Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada 2012 (untuk mengelola dana abadi), dan dewan penyatu yang terdiri dari Kemenkeu, Kemendikbud, dan Kementerian Agama," ujar Nuh di Gedung D Kemendikbud, kemarin.

Nuh juga mempersilakan pihak-pihak yang mempertanyakan tentang jumlah pengelolaan dana abadi ini untuk melakukan pemeriksaan.

"Kalau BPK atau siapa pun yang mau memeriksa, monggo. Nanti silahkan datang ke Kementerian Keuangan, cek berapa jumlahnya," imbuh Nuh

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini