Share

HUT Emas, FTP UGM Siap Dukung Kemandirian Pangan

Maha Deva, Koran SI · Jum'at 04 Januari 2013 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 04 373 741315 Y089NRbbB7.jpg Ilustrasi: ist.

YOGYAKARTA - Memasuki usia emas, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengarahkan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi untuk mendukung kemandirian pangan dan energi bangsa. Hal tersebut didorong untuk mewujudkan visi menjadikan FTP UGM sebagai pusat unggulan pengembangan agroindustri.

Dekan FTP UGM Dr Lilik Sutiarso mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan untuk membangun kemandirian pangan dan energi adalah mendorong pelaksanaan riset. Terutama penelitian mengenai hilirisasi produk-produk teknologi pangan.  Riset yang dihasilkan nantinya akan diekspos ke masyarakat luas.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Rencananya bulan September mendatang akan diadakan ekspo hasil riset FTP UGM," ujar Lilik usai membuka Perayaan 50 Tahun FTP UGM, Jumat (4/1/2013).

Perayaan ulang tahun emas FTP UGM mengambil tema "50 Tahun Membangun Agroindustri untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Energi". Perayaan akan digelar hingga September mendatang dengan disemarakkan sejumlah agenda. Mengikuti Tri Darma Perguruan Tinggi, kegiatan yang digelar tidak meninggalkan sifat akademis, olah raga, seni budaya, pengabdian masyarakat, dan infaq pangan.

"Bulan Januari 2013 akan diselenggarakan dua kegiatan ilmiah internasional yaitu kuliah tamu dan penandatanganan MoU antara FTP UGM dengan College of Life Science and Biotechnology, Korea University 17 Januari mendatang," ujar Ketua Panitia Peringatan 50 Tahun FTP UGM Prof. Sutardi.

Sebagai lembaga ilmiah, perayaan 50 tahun FTP UGM lebih banyak diisi dengan berbagai kegiatan baik yang bersifat ilmiah. Beberapa yang sudah diagendakan adalah, seminar internasional 4th International Conference on Lactic Acid Bacteria (25-26 Januari 2013), kuliah tamu dari University of Hamburg (Maret 2013),  International  Workshop and Seminar on Mycotoxine (24-29 Juni 2013), International Seminar on Agriculture Engineering (Juli 2013), dan International Seminar on Life Cycle Assesment III (September 2013). Peringatan puncak acara akan ditutup dengan penyampaian pidato laporan Dekan FTP dan orasi ilmiah di bulan September 2013.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini